Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Launching Pangripta, Barenlitbang Kota Malang Kejar Akreditasi Jurnal Ilmiah

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

02 - May - 2018, 19:40

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso saat memberikan sambutan atas penerbitan Jurnal Pangripta. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso saat memberikan sambutan atas penerbitan Jurnal Pangripta. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Satu lagi terobosan dilakukan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang. Bulan ini, badan eks Bappeda itu me-launching edisi perdana Jurnal Pangripta.

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

Pada ratusan akademisi di Kota Malang dan kepala perangkat daerah dari dan di luar lingkungan Pemkot Malang, jurnal ilmiah tersebut diperkenalkan dalam kegiatan Seminar Strategi Penguatan Pengelolaan Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi.

Hadir sebagai narasumber seminar, Direktur Pasca Sarjana Universitas Wisnu Wardhana Soenyono serta pengelola Jurnal Bina Praja dan Jurnal Matra Pembaharuan Moh. Ilham A Hamudy.

Berlangsung di Ijen Suite Resort and Conventions, hari ini (2/3/2018) edisi pertama tersebut terbit dalam format cetak dan elektronik. Edisi debut Jurnal Pangripta berisi sejumlah artikel hasil penelitian tentang kajian perencanaan pembangunan Kota Malang.

Rencananya, jurnal yang diterbitkan Barenlitbang Kota Malang itu setiap tahun bakal tayang dua edisi. Tepatnya pada bulan Maret dan September. 

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso menyampaikan, ide terbitnya jurnal ilmiah merupakan salah satu implementasi atau pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang kelitbangan.

"Selain itu Kota Malang juga dikenal sebagai Kota Pendidikan, manfaat-manfatnya bisa mengakselerasi inovasi pengembangan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah," urainya. 

Erik berharap, Jurnal Pangripta menjadi wadah publikasi kelitbangan bagi seluruh karya ilmiah, penelitian, kajian maupun pengembangan di Kota Malang. Sehingga, ke depan akan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan dan layanan publik dari Pemkot Malang.

"Saya kutip dari Ananta Pramudya Toer, orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian," ujar Erik memungkasi sambutannya. 

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

Narasumber Moh. Ilham A. Hamudy mengungkapkan, baik buruknya Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) bergantung pada sumber daya peneliti dan produk penelitian dan pengembangan yang dimuat dalam jurnal ilmiah. Kehadiran jurnal bereputasi menjadikan BPP sebagai lembaga yang diperhitungkan. 

Reputasi peneliti pun ikut terdongkrak dan juga mendapat angka kredit. "Selain itu, format tampilan jurnal ilmiah harus diperhatikan. Mulai ukuran bidang tulisan yang konsisten dari tata letak dan tipografi atau huruf antar artikel dan antar terbitan," urai Ilham.

Selanjutnya, dialog interaktif antara narasumber dan peserta. Nurul salah satu peserta seminar yang juga dosen Universitas Brawijaya, mengapresiasi penerbitan Jurnal Pangripta.

"Dosen-dosen selama ini juga mencari sebanyak mungkin alternatif penerbitan penelitian. Tentunya kehadiran Jurnal Pangripta ini akan disambut baik," tuturnya. 


Topik

Pemerintahan berita-malang Barenlitbang-Kota-Malang Jurnal-Pangripta


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto