Minimalkan Tunggakan Iuran Peserta, BPJS Kesehatan Gunakan Fasilitas Autodebet

Warga menunjukkan kartu JKN-KIS BPJS Kesehatan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Warga menunjukkan kartu JKN-KIS BPJS Kesehatan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kini tak perlu lagi khawatir lupa membayar iuran.

Pasalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menyediakan fasilitas autodebet alias pemotongan otomatis dari rekening tabungan.

Autodebet tersebut bisa dilakukan dengan bank mitra yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Di antaranya BNI, BRI, Bank Mandiri dan BCA.

"Melalui sistem autodebet, kini peserta JKN tidak perlu khawatir lupa membayar iuran. Karena bank akan secara otomatis menarik tagihan iuran JKN-KIS dari rekening peserta," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni, hari ini (23/4/2018).

Kebijakan pembayaran melalui autodebet ini dilakukan lantaran banyaknya masukan dari peserta tentang pembayaran iuran. Ada sebagian peserta sebenarnya yang ingin membayar iuran, tapi pada saat tanggal pembayaran ternyata lupa. Sehingga, peserta menjadi menunggak dan status kepesertaannya tidak aktif.

"Dengan adanya kebijakan pembayaran melalui autodebet, status kepesertaan tetap aktif serta tidak terkendala saat mendapatkan pelayanan kesehatan," tuturnya.

Hendry menjelaskan, mekanisme pembayaran iuran melalui autodebet sangat mudah. Peserta JKN-KIS hanya perlu datang ke Bank yang bekerja sama dan mendaftarkan diri dan mengisi formulir kesediaan membayar iuran melalui autodebet.

Namun peserta harus memastikan nomor rekeningnya benar, sehingga tidak terjadi kesalahan pendebitan.

"Pendaftaran autodebet juga bisa dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, yang kemudian BPJS Kesehatan akan menyampaikan ke Bank yang bekerja sama," ujar wanita asal Madiun ini.

Hendry menambahkan, selain memudahkan peserta untuk membayar iuran secara tepat waktu, kebijakan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan peserta PBPU/mandiri.

"BPJS Kesehatan juga melakukan berbagai upaya untuk terus memberikan kemudahan pembayaran iuran kepada peserta, di antaranya implementasi Kader JKN, perluasan kerja sama dengan Bank, dan program lainnya," pungkasnya.

Editor : Heryanto
Publisher : bayu pradana

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top