Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Demi Rp 200 Ribu, Seorang Bapak Nekat Pertaruhkan Nyawa Masuk Kawah Bromo

Penulis : Imam Syafi'i - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Apr - 2018, 11:26

Seorang warga Tengger rela mempertaruhkan nyawa mengambil gadget pengunjung yang jatuh ke kawah Bromo demi imbalan Rp 200 ribu. (foto : @lydiacharlothachristanty)
Seorang warga Tengger rela mempertaruhkan nyawa mengambil gadget pengunjung yang jatuh ke kawah Bromo demi imbalan Rp 200 ribu. (foto : @lydiacharlothachristanty)

MALANGTIMES - Masih ingat aksi Cello Andrean yang nekat masuk kawah Gunung Bromo untuk mengambil HP-nya yang jatuh usai berswafoto? Ada aksi serupa yang juga viral di media sosial.

Bedanya, yang ini memang menjalani "profesi khusus". Yakni mengambilkan gadget wisatawan yang jatuh ke kawah Bromo.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Pekerjaan ekstrem itu dijalani warga Suku Tengger di wilayah Bromo. Itu terbukti dari beberapa foto warga sekitar mengambil barang milik pengunjung hingga turun ke kawah Bromo yang beredar di media sosial. 

Salah satunya di-posting netizen pemilik akun @lydiacharlothachristanty yang berlibur bersama temannya ke Bromo. Dirinya memposting foto seorang kakek turun ke kawah Bromo mengambil gadget milik pengunjung yang jatuh. 

@lydiacharlothachristanty menuliskan, "Cerita dibalik ini hanya untuk Rp 200 ribu, bapak ini rela turun ke kawah Bromo. Dan untuk mbak yang iPhonenya jatuh. Bisakah Anda berpikir lebih berhargakah iPhone Anda daripada nyawa bapak ini."

Menurut netizen yang memposting, peristiwa ini terjadi tahun 2018. Saat itu dia bersama teman-temannya pas di seputaran kawah Bromo, berdekatan sama mbak yang jatuh i-Phonenya itu. "Tour guideku yang menyarankan untuk minta tolong ke orang-orang setempat yang tahu medannya. Yang miris ternyata bapak yang menjual bunga edelweis ini yang turun hanya demi Rp 200 ribu," tulisnya.

Kejadian miris itu menunjukkan bahwa seseorang itu rela mempetaruhkan nyawanya demi uang ratusan ribu untuk sesuap nasi. Bahkan dia berjalan perlahan menuruni tebing kawah tanpa pengaman. 

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Dia berdiri dengan pijakan kaki yang tidak bisa leluasa. Padahal, dia harus bergerak memindahkan kaki dengan berhati-hati. Kalau tidak, bisa jadi dia akan terpeleset ke dasar kawah yang masih aktif dengan kedalaman sekitar 200 hingga 600 meter.

Dari postingan itu, beberapa netizen berkomentar. Di antaranya, "Yang seperti itu mau pose yang menantang yang orang lain tidak bisa, eh malah Hpnya yang jatuh," tulis @khatarina1976.

Kemudian, @lenaanasya1 "Ya syukur bapak itu baik-baik saja demi Rp 200 ribu,".


Topik

Peristiwa berita-malang berita-viral gunung-bromo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafi'i

Editor

Sri Kurnia Mahiruni