Malang Rupanya Punya Pabrik Sirup Legendaris, Penasaran?

Siropen Telasih.  (Foto: Istimewa)
Siropen Telasih. (Foto: Istimewa)

Sirup menjadi salah satu bahan membuat minuman yang segar. Dari masa ke masa minuman berbahan dasar sirup terus berkembang. MalangTIMES mencatat ada tiga pabrik sirup legendaris yang pernah berjaya di masanya. Bahkan ada yang masih berdiri dan memiliki penikmat setia hingga hari ini.

Nah, rupanya Malang juga punya pabrik sirup yang legendaris itu. 

1. Siroop Tjap Buah Tjampolay, Cirebon

Sirup Tjap Buah Tjampolay.  (Foto: Tokopedia)

Sirup Tjampolay adalah sirup khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936. Sirup Tjampolay terdiri dari berbagai macam rasa buah-buahan seperti melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas bahkan rasa kopi moka pun ada. Namun dari sekian banyak macam rasa tersebut yang menjadi favorit ialah rasa pisang susu.

Karena selain rasa manisnya yang khas, warna sirupnya pun sangat menarik, yaitu merah jambu. Sehingga tampak manis untuk dicampur dengan berbagai macam aneka es, seperti es campur ataupun es kelapa misalnya. Minuman legendaris asal Cirebon ini pertama kali dibuat oleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936. Hingga kini kemasan dan labelnya tak berubah.


2. Siropen Telasih, Surabaya.

Siropen Telasih.  (Foto: Istimewa)

Minuman sirup ini telah dibuka sejak 1923 silam. Minuman ini diproduksi langsung di sebuah pabrik kuno yang berada di Jalan Mliwis No. 5 yang dulu dibangun oleh JC Van Drongelen Hellfach. Sirup ini menjadi salah satu sirup tertua dan pertama yang ada di Indonesia.

Konon, dulunya minuman limun Siropen Telasih ini tidak diperjual belikan secara bebas, karena harus disajikan bagi para pejabat kolonial Hindia Belanda dan para bangsawan. Warga pribumi pada waktu itu tidak diperkenankan menikmati minuman tersebut.

Baru pada 1945, seluruh aset peninggalan kolonial dinasionalisasi oleh Presiden Soekarno. Mulai dari saat itulah, sirop buatan Siropen Telasih yang menjadi kegemaran warga Belanda dan Jepang itu bisa dijual bebas. Sejak 1962, pabrik sirup legendaris itu diambil alih oleh Pemprov Jawa Timur. Baru pada 2002, pabrik bersejarah ini dikelola oleh PT Pabrik Es Wira Jatim.

Kini, Siropen Telasih banyak diincar sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Jika Anda membeli langsung dari pabrik di Jalan Mliwis, Anda bisa melihat bagaimana sirup tersebut masih dibuat dengan cara tradisional dengan peralatan dari zaman kolonial Belanda guna melestarikan cita rasa otentiknya.

3. Siropen Leo, Malang

Siropen Leo asli Malang.  (Foto: ngalam.co)

Merek sirup legendaris asal Malang yang dimaksud ini adalah Leo atau Siropen Leo Asli seperti yang tertulis di labelnya. Merek ini sendiri pantas mendapat cap legendaris karena usianya yang sudah sangat tua, yaitu sejak tahun 1948.

Hingga beberapa tahun lalu, sebelum banyaknya supermarket dan minimarket bertebaran di Malang, sirup Leo ini merupakan salah satu merek primadona yang paling banyak dicari dan sangat mudah ditemui di Kota Malang. Namun seiring berjalannya waktu, toko-toko dan supermarket yang menjual merek ini mulai kalah bersaing sehingga akhirnya sirup Leo juga mulai tidak semudah masa lalu untuk ditemukan.

Bagi generasi 90-an dan yang lebih tua, merek sirup Leo merupakan salah satu merek sirup yang familiar mereka temui di rumah. Sirup ini bisa dikatakan merupakan salah satu merek yang cukup mewah untuk saat itu karena harganya yang tidak terlalu murah, sirupnya yang cukup kental, rasa yang sangat manis, dan tampilan visualnya yang juga cukup mewah.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top