Lagi- Lagi Demo Angkutan Umum (7)

Aksi Demo Ternyata Dipicu Kecurigaan terhadap Peraturan Menteri

Para sopir angkot yang menunggu hasil kejelasan dari Dishub Malang (Foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Para sopir angkot yang menunggu hasil kejelasan dari Dishub Malang (Foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Aksi mogok dan demo yang dilakukan oleh para sopir angkot (angkutan kota) hari ini di kantor UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur Jalan Raya Karanglo No. 71 Singosari, Malang ternyata dipicu karena kecurigaan atas Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan nomor 108 Tahun 2017.

Pada 1 Februari 2018 pemerintah mulai memberlakukan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, seperti menyelenggarakan angkutan sewa khusus atau angkutan online.

Permen 108 tersebut ternyata memantik kecurigaan Serikat Sopir Indonesia (SSI) Cabang Malang yang mewakili ribuan sopir angkot. Dan aksi yang dilakukan ini adalah bentuk protes yang selama ini masih dipendam.

"Kami para sopir tidak mau dibodohi, karena sesuai janjinya pada bulan November 2017 lalu akan dilakukan penindakan, tapi sampai saat ini hanya ada operasi simpatik yang di dalamnya hanya mengimbau," ujar Agus Mulyono, Ketua SSI Cabang Malang.

 

 

Lebih lanjut, para sopir sebenarnya tidak keberatan dengan transportasi online. Tapi mereka mengharapkan ada regulasi yang jelas untuk mengatur hal tersebut.

"Transportasi online juga saudara kami, tapi regulasinya harus jelas. Misal mengatur uji kir, SIM umum dan jumlah kuota yang ada di peraturan. Masak sekarang menunggu kami harus tumpah darah baru semuanya jelas," katanya berapi-api.

Kini, perwakilan angkot masih bertemu dengan petinggi UPTD Dishub Malang Raya dan pihak terkait untuk membahas apa yang dikeluhkan.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top