Retas Data FBI, Dua Arek Surabaya Dibekuk Polda Metro Jaya

Ilustrasi peretasan
Ilustrasi peretasan

MALANGTIMES- Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat bersama Tim Cyber Crime Polda Metro Jaya rupanya baru saja beraksi di Surabaya untuk mencokok dua DPO mereka. Dua pria asal Surabaya diketahui telah diamankan ada Minggu (11/3) malam.

Peristiwa penangkapan tersebut dibenarkan oleh kepolisian daerah Jawa Timur (Polda Jatim). "Memang benar kejadian itu. Penangkapan oleh FBI bareng Polda Metro Jaya. Kami tidak berwenang apa-apa," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Selasa (13/3).

Menurut informasi yang dihimpun, kedua pelaku adalah hacker atau petugas yang diduga telah meretas ratusan sistem elektronik di dalam maupun luar negeri.

Kedua pelaku masing-masing berinisial KPS, warga Kecamatan Sawahan, dan NA, warga Kecamatan Gubeng, itu ditangkap di kediamannya pada Minggu (11/3/2018) lalu.

Diinformasikan, KPS dan NA masing-masing meretas lebih dari 600 website dan sistem data elektronik di dalam dan luar negeri.

Dari keduanya, diamankan sejumlah barang bukti seperti laptop, gadget, dan modem. Barung mengaku tidak bisa menjelaskan detil karena pihaknya hanya sebatas diberitahu bahwa ada penangkapan di Surabaya oleh Tim Cyber Crime Polda Metro Jaya dan FBI. "Kami sebatas diberitahu saja," jelasnya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top