Enam Spot Paragliding Paling Mempesona di Indonesia, Malang Punya Tiga Loh

Paralayang Bukit Waung. (Foto: Dok MALANGTIMES)
Paralayang Bukit Waung. (Foto: Dok MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Olahraga dengan terbang di angkasa tidak hanya memacu adrenalin tapi pemandangan yang indah saat melayang dapat sedikit menetralisir rasa was-was. Yap, olahraga yang begini biasanya sering disebut dengan paragliding.

Di Indonesia ada begitu banyak puncak yang kerap digunakan sebagai starting poin paragliding. Tidak sedikit pula yang menawarkan pemandangan yang indah saat terbang.

MALANGTIMES mencoba menghimpun lima starting poin paragliding yang memberikan pemandangan paling mempesona di Indonesia. 

1. Bukit Beta - Sumatera Utara

Paralayang Bukit Beta yang menyuguhkan pemandangan Danau Toba. (Foto: Geopark Kaldera Toba)

Fenomenal dengan pemandangan alam dan festivalnya, kini Danau Toba pun menawarkan atraksi menantang adrenalin untuk para pengunjung yaitu paralayang. Tepatnya dilakukan di Bukit Beta, nikmati pemandangan indah yang ditawarkan berupa perbukitan dan hamparan danau Toba.

Dari wilayah Tuk-tuk di Pulau Samosir, hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di kaki Bukit Beta. 

2. Matantimali - Sulawesi Tengah

Paralayang Matantimali Sulawesia.  (Foto: Istimewa)

Lokasinya menghadap ke lembah dan Teluk Palu sehingga menyuguhkan pemandangan begitu indah. Dari ketinggian 1.100 mdpl, tepatnya di puncak Gunung Matantimali, bersiaplah menyaksikan keajaiban. Anda pun bisa mendirikan tenda di sini.

Untuk dapat mencapai lokasi ini, arahkan kendaraan menuju Desa Porame, Kecamatan Marawola dari Palu, dilanjutkan ke Desa Wayu, sebelum akhirnya menyusuri lereng pegunungan Matantimali. 

3. Gunung Gajah Mungkur - Jawa Tengah

Paragliding Waduk Gajah Mungkur.  (Foto: Traveller)

Merupakan perbukitan yang tandus dan berbatu, kondisi angin dan tingkat kelembaban yang cenderung keras, lokasi lepas landas sempit dan terjal, adalah sedikit gambaran untuk lokasi terbaik untuk paralayang jarak jauh di Indonesia ini.

Tingkat kesulitan cukup tinggi ternyata tak menyurutkan keberanian para penerbang amatir dan tentunya tantangan bagi para penerbang mahir.

4. Gunung Banyak-Batu

Paralayang di Gunung Banyak yang menyajikan pemandangan Kota Batu dari ketinggian.  (Foto: arifsetiawan.com)

Bagi masyarakat Malang Raya, lokasi ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebab, tempat ini pernah digunakan untuk kejuaraan paragliding tingkat nasional. Tempat yang lebih dikenal dengan sebutan paralayang ini menyuguhkan pemandangan yang memukau. Deretan bangunan-bangunan yang berada di Kota Batu seolah menjadi permadani.

5. Bukit Waung-Kabupaten Malang

Paralayang Bukit Waung. (Foto: Dok MALANGTIMES)

Bukit Waung Modangan terletak di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini secara resmi dibuka dan ditetapkan sebagai pusat olahraga pemacu adrenalin oleh Bupati Malang Rendra Kresna. Paralayang di tempat ini begitu menyenangkan, sebab Anda akan disuguhkan lautan biru pantai Modangan. 

6. Gunung Tumpuk, Lawang

Paralayang Gunung Tumpuk, Lawang. (Foto: Dok MALANGTIMES)

Wisata paralayang di Gunung Tumpuk Lawang baru diresmikan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dan Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma Julexi Tambayong.
Dari starting poin paralayang ini, Anda akan menikmati pemandangan Malang utara dan landasan Bandara Abdulrachman Saleh. Tempat ini menawarkan pemandangan yang memesona. Nah, yuk coba terbang dari atas Bukit  Tumpuk.

Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top