Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pakai Galon dan Kotekan Bambu, Siswa Sekolah di Malang Ini Rayakan Hari Musik Nasional

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Mar - 2018, 13:35

Para siswa TK-SD-SMP Kristen Pamerdi Kebonagung saat memperingati Hari Musik Nusantara. (Foto: Humas Pamerdi for MalangTIMES)
Para siswa TK-SD-SMP Kristen Pamerdi Kebonagung saat memperingati Hari Musik Nusantara. (Foto: Humas Pamerdi for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari Musik Nasional yang diperingati setiap 9 Maret turut dirayakan di Malang. Salah satunya oleh siswa TK-SD-SMP Kristen Pamerdi Kebonagung, Kabupaten Malang. Berbekal alat-alat musik sederhana dari galon dan potongan bambu, mereka menggelar mini konser lagu Nusantara. 

Lagu daerah dari Sabang hingga Merauke seperti Apuse, Yamko Rambe Yamko, Sajojo, Padang Bulan, Ampar-Ampar Pisang, hingga jaranan dimainkan bersama-sama oleh sebanyak 253 siswa serta 30-an guru dan karyawan. Bukan hanya itu. Lagu-lagu nasional seperti Pancasila Rumah Kita juga didendangkan dengan irama musik ritmis. Potongan-potongan bambu yang menyerupai kentongan dijadikan alat musik utama.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Kepala SMP Kristen Pamerdi Wahyu Kris Aries Wirawardana mengungkapkan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua jam itu merupakan bentuk peringatan Hari Musik Nasional 2018. "Seluruh siswa TK-SD-SMP Kristen Pamerdi merayakan Hari Musik Nasional dengan mini-konser di halaman sekolah," ujar Wahyu.

Dibuka dengan lagu Indonesia Raya, para siswa pun antusias saat kegiatan dilanjutkan dengan lagu-lagu daerah dan lagu nasional. "Memang konsepnya mini konser lagu nusantara diiringi musik kotekan. Kotekan sendiri dulu juga merupakan tradisi nusantara yang hingga saat ini masih sesekali ditemukan," terangnya. 

Kegiatan semakin meriah karena di sela-sela acara diselingi  dengan game edukasi. "Ada juga kuis tebak judul lagu daerah dan nasional. Selain alat musik tradisional, juga ada perpaduan drum dan kajon. Siswa-siswa juga membawa kentongan, kaleng, dan galon yang dimainkan untuk pengiring musik," urainya.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Mini konser tersebut merupakan kali pertama digelar di sekolah itu. Ingin melihat riuh-rendah mini konser lagu Nusantara itu? Simak videonya. (*)


Topik

Pendidikan berita-malang memperingati-Hari-Musik-Nusantara Pakai-Galon-dan-Kotekan-Bambu Siswa-Sekolah-di-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Sri Kurnia Mahiruni