5 Kota Besar Ini Punya Festival Film Kenamaan, Malang Termasuk?

Festival Film Indie Lampung
Festival Film Indie Lampung

MALANGTIMES - Siapa tidak suka nonton film? Mungkin hanya segelintir orang. Selain sebagai media eksistensi bagi tallent dan si pembuat cerita, lewat film ada banyak hal yang bisa disampaikan melalui cerita-ceritanya. Tergantung pada genre apa film itu dibuat.

Di Indonesia ada banyak muda-mudi kreatif yang bergelut sebagai filmmaker. Tak jarang film-film mereka diikutsertakan dalam berbagai festival di kota-kota besar. Berikut kota-kota besar di Indonesia yang pinya festival film paling top di seantero Nusantara. 

1. Yogyakarta- NETPAC Asian Film Festival (JAFF)

Jogja Netpac Asian Film Festival.  (Foto: Twitter Jaff Jogja)

Festival ini pernah disebut oleh salah satu media luar negeri sebagai salah satu festival paling asik di dunia. Dengan tamu-tamu dari berbagai negara di Asia, JAFF juga menampilkan karya-karya terkini dari pembuat film di Asia. Diselenggarakan setiap bulan November di Yogyakarta, JAFF juga selalu ramai dihadiri tidak hanya oleh pegiat komunitas film di Insonesia, tetapi juga pelaku-pelaku industri film.

2. Malang, Malang Film Festival (MAFI FEST) 

Malang Fim Festival.  (Foto: UMM)

MAFI FEST merupakan festival film di Indonesia yang digagas oleh mahasiswa aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Sinematografi Universitas Muhammadiyah Malang.

MAFI FEST berhasil menjadi salah satu finalis AFI (Apresiasi Film Indonesia) dengan kategori “Penyelenggara Film terbaik tingkat lokal maupun nasional” pada tahun 2015 dan 2016.

Dalam pelaksanaannya tetap konsisten diselenggarakan di bulan April sejak tahun 2004. Selama 14 tahun MAFI FEST menjadi wadah bagi filmmaker tingkat mahasiswa dan pelajar yang ada di Indonesia untuk berkompetisi, sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka dengan menjadi titik temu antara filmmaker dan penonton.

3. Yogyakarta, Festival Film Dokumenter (FFD)

Festival Film Dokumenter Yogyajarta. (Foto: FFD)

Didirikan pada tahun 2002, di Yogyakarta, Festival Film Dokumenter (FFD) merupakan festival film dokumenter pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, berfokus pada pengembangan dokumenter sebagai medium ekspresi dan ekosistem pengetahuan, melalui program-program eksibisi, edukasi, dan pengarsipan.

4. Jakarta, Arkipel Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival

Arkipel Jakarta Documentary.  (Foto: Istimewa)

Arkipel Jakarta International Documentary and Experimental Film Festival digagas oleh Forum Lenteng untuk membaca fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi dan budaya melalui sinema.

ARKIPEL diniatkan untuk dapat menghadirkan film dokumenter berkualitas dan capaian eksperimen dalam sinema kepada penonton Indonesia, Asia Tenggara dan Internasional.

Selain itu, festival ini akan selalu melihat perkembangan bahasa sinema secara kritis, terlepas dari terminologi “sinema industri” atau “sinema independen”.

5. Festival Film Lampung

Festival Film Indie Lampung?

Festival Film Lampung 2018 (FFL) ini merupakan ajang ekspresi sekaligus unjuk prestasi bagi pembuat film yang umumnya berasal dari kalangan muda dan digelar oleh UKM darmajaya Computer and film club (DCFC).

Festival Film Lampung merupakan program tahunan DCFC sejak tahun 2009 yang sebelumnya bernama Festival Film Indie Darmajaya (FFI Darmajaya), di tahun 2015 berganti nama menjadi FFI Lampung 2015 dan ditahun ini berganti nama menjadi Festival Film Lampung 2018.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top