Inovasi Teknologi di Tubuh Pemerintah Kabupaten Malang (4)

Punya Keluhan Penerangan Jalan Umum, Lapor Saja ke eLa-PJU

Ilustrasi eLa-PJU Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. (MalangTIMES)
Ilustrasi eLa-PJU Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. (MalangTIMES)

MALANGTIMES - Anda punya keluhan seputar fasilitas umum (fasum) penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Kabupaten Malang? Kalau ada, laporkan saja ke eLa-PJU. 

eLa-PJU  atau Electronic Laporan PJU  merupakan aplikasi berbasis telepon pintar (smartphone) hasil karya Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. Aplikasi itu difungsikan sebagai ruang interaksi masyarakat saat melihat terjadinya kerusakan PJU di wilayahnya. 

Keberadaan inovasi berbasis teknologi karya Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang ini tergolong baru. Walaupun sempat diujicobakan sejak tahun lalu,  eLa-PJU baru di-launching tahun 2018.

"Ini inovasi sederhana tapi mampu memangkas keterbatasan kita. Terutama dalam persoalan sumber daya manusia yang menangani hal tersebut. Selain itu, tentunya inovasi ini bermanfaat bagi masyarakat. Keluhan dan laporan warga bisa tepat ruang dan cepat kita atasi," kata Romdhoni, kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang,  Senin (04/03). 

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni (Nana)

Romdhoni melanjutkan,  aplikasi eLa-PJU lahir saat pihaknya tertantang dengan berbagai pengaduan masyarakat atas kerusakan dan pencurian PJU yang tidak secara langsung masuk ke pihaknya. Tapi, keluhan dan laporan tersebut masuk di ruang-ruang media sosial (medsos) yang terkadang tidak terbaca oleh dinas yang kini sedang terus sibuk mempersiapkan berbagai program pembangunan jalan skala nasional. 

Saat laporan warga masuk di ranah tersebut,  terkadang esensi masalahnya menjadi bias. "Masalah tidak teratasi tapi malah menambah masalah lainnya. Inilah yang membuat kita membuat perangkat sederhana eLa-PJU ini, " ujarnya. 

Respons masyarakat ternyata cukup tinggi. Sejak Februari lalu,  sudah ada sekitar 70 aduan warga yang masuk ke Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang melalui aplikasi yang dapat diunduh di PlayStore smartphone.   

Aduan masyarakat ini pun secara cepat dan tepat direspons petugas yang tidak perlu harus berputar-putar untuk mengecek kondisi PJU yang tersebar di 33 kecamatan. Pasalnya,  eLa-PJU ini berbasis foto dan  titik koordinat. "Saat warga melaporkan kerusakan melalui foto dan koordinatnya,  kami bisa langsung mengetahui posisi kerusakan.  petugas bisa langsung ke lokasi yang dilaporkan tersebut," ucap Romdhoni. 

Selain efektif dan efisien dalam menyelesaikan masalah masyarakat dalam PJU,  aplikasi sederhana ini juga menutup lubang keterbatasan petugas di tubuh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. 

Selain inovasi eLa-PJU, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang juga memiliki program bernama Road Roid. Aplikasi Road Roid yang  support di android dengan OS 4.4 ke atas ini difungsikan dalam melakukan survei kondisi jalan di Kabupaten Malang. 

Road Roid serta aplikasi lain di Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang kini telah menjadi salah satu inovasi berbentuk digital yang telah masuk di Command Center Kabupaten Malang yang baru di -launching secara langsung oleh Bupati Malang Rendra Kresna. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top