Lihat Command Center Kabupaten Malang, CEO IBM Indonesia: Wow Keren...

CEO IBM Indonesia Gunawan Sutanto (kanan) saat memberi sambutan dalam launching Command Center Kabupaten Malang, Rabu (28/02). (Foto: Iim Hardian A./MalangTIMES)
CEO IBM Indonesia Gunawan Sutanto (kanan) saat memberi sambutan dalam launching Command Center Kabupaten Malang, Rabu (28/02). (Foto: Iim Hardian A./MalangTIMES)

MALANGTIMES - Command Center Kabupaten Malang yang terletak di lantai 9 perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Malang di Kepanjen membuat CEO IBM Indonesia Gunawan Sutanto terpana. 

Spontan,  sang CEO IBM Indonesia ini mengeluarkan ucapan, "Wow... Ini keren... " saat pertama melihat penampilan luar Command Center Kabupaten Malang. 

Tidak hanya sekadar terpesona oleh tampilan ruang Command Center yang didesain oleh Dinas Perumahanan Kawasan Permukimam dan Cipta Karya (DPKPCK)  Kabupaten Malang itu.  Gunawan yang didapuk untuk memberi sambutan pun menyampaikan beberapa hal positif. 

"IBM sangat mengapresiasi tinggi keberadaan Command Center di Kabupaten Malang ini. Dan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tentunya bisa dijadikan percontohan, " kata Gunawan yang merupakan alumnus Fakultas Teknik Universitas Indonesia. 

Sebagai  yang pertama di Indonesia,  Kabupaten Malang telah menjejakkan kakinya sebagai smarter regency atau kabupaten yang pintar. Hal ini tentunya memiliki nilai tinggi dalam pola penerapan teknologi informasi di tingkatan pemerintah kabupaten. 

Gunawan termasuk CEO termuda di  International Business Machines Corporation (IBM), sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer dan berkantor pusat  di Armonk, New York, Amerika Serikat. Dia mengatakan,  berbagai fasilitas di Command Center serta desain ruangan yang menarik yang di-launching secara langsung oleh Bupati Malang Dr H Rendra Kresna itu akan menjadikan berbagai keputusan para pejabat menjadi lebih tepat.  

"Karena setiap informasi,  data dan berbagai hal terkait dengan pelayanan masyarakat akan cepat diketahui.  Serta bisa ditindaklanjuti dengan cepat juga, " ujar Gunawan. 

Titik kritis dari Command Center terletak pada kerjasama antar kedinasan yang ada. Karena,  kata Gunawan, tanpa adanya sinergitas antar dinas dalam mensuplai data bersifat digital,  keberadaan pusat kendali informasi menjadi sia-sia. 

Sinergitas yang terintegralistik di Command Center akan membuat pengambilan kebijakan juga lebih tepat,  cepat dan akurat. 

Sebagai pondasi,  pengibaratan Gunawan terhadap Command Center,  telah terlihat kokoh dan bagus. "Tinggal pengembangan,  sinergitas serta tenaga ahli. Saya akan bawa Command  Center Kabupaten Malang di kancah internasional,  nanti, " pungkasnya. (*) 

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top