Command Center Wujud Konkret Smart City, Ini Daerah Terbaik yang Sudah Memilikinya

Ilustrasi Command center canggih dunia (commans wikimedia)
Ilustrasi Command center canggih dunia (commans wikimedia)

MALANGTIMES - Teknologi informasi memang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan sistem pelayanan kepada masyarakat. 

Pemerintahan Daerah (Pemda) selama ini kadung terstigma‘negatif’ akibat lambannya merespons setiap persoalan di masyarakat. 

Kehadiran teknologi informasi yang kini menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat akan menutup semua alasan bahwa pemerintah tidak mampu memberi pelayanan cepat dan prima kepada masyarakat lantaran kurang Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran terbatas, akses yang jauh dan lain sebagainya.

Melalui teknologi informasi, Pemda akan semakin bisa mengoptimalkan mata, telinga, kaki dan tangannya dalam merespons berbagai keluhan maupun pengaduan masyarakat atas pelayanan yang jadi tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya). 

Efektivitas dan efisiensi teknologi informasi akan memangkas berbagai prosedur birokrasi konvensional yang telah lama menjadi ciri pemerintahan masa lalu.

Command Center adalah salah satu ruang untuk menerapkan teknologi informasi tersebut di Pemda. Terpusat di suatu ruangan yang biasanya dikemas secara futuristik dan dilengkapi dengan teknologi canggih, seluruh pengaduan dan keluhan masyarakat akan secara cepat masuk, ditampung dan ditindaklanjuti oleh Organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Integralistik pengolahan data dari setiap OPD, tertampung secara cepat di Command Center sebelum kembali didistribusikan.

Command center adalah wujud dari apa yang lama diangankan oleh seluruh pemimpin, yaitu terciptanya smart city. Tepat, seperti yang disampaikan Nasar Selian HT, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang. 

Command center adalah langkah awal mewujudkan smart city. Dimana OPD menjalankan tupoksinya memberi pelayanan kepada masyarakat berbasis pada digitalisasi,”.

Lantas, Pemda mana sajakah yang telah memiliki command center dan telah menancapkan wilayahnya melangkah menjadi smart city. MalangTIMES merangkumnya untuk Anda.

1. Kota Surabaya

Command Center Kota Surabaya (Humas Kota Surabaya)

Diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada tanggal 26 Juli 2016, ruang kendali darurat atau Command Center menjadi salah satu kebanggan arek Suroboyo. 

Dengan teknologi canggih untuk memonitoring kondisi kota selama 24 jam, Command Center Kota Surabaya menjadi satu yang terbaik yang ada di Indonesia.  

Terpenting dengan adanya Command Center ini juga adalah mampu mensinergikan berbagai posko OPD menjadi satu dan integral dalam mengatasi keluhan masyarakat.

2. Kota Manado

Cerdas Command Center Manado (Istimewa)

Melalui Cerdas Command Center (C3), Kota Manado mendapat apresiasi  cukup tinggi dari berbagai pihak. Disebut sebagai yang terlengkap di Indonesia, ruang pusat kendali atau Command Center Manado bersiap menjadi percontohan bagi daerah lain. 

Dalam menerapkan aplikasi teknologi informasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Baik dalam persoalan ketidakpuasaan dalam pelayanan OPD sampai pada pembangunan infrastruktur, ekonomi maupun politik.

3. Kota Bandung

Bandung Command Center (Yuli Rappler.com)

Memasuki pusat kendali Kota Bandung serupa  berada di kabin pesawat ruang angkasa canggih. Dinding ruangan command center yang melengkung dengan 84 layar datar terpasang serupa mata-mata yang mengawasi kota Bandung 24 jam tanpa henti. 

Dilengkapi fasilitas GPS Tracking, ratusan CCTV diberbagai wilayah, Bandung Command Center (BCC) juga difungsikan sebaga bank data OPD Kota Bandung.

Terinspirasi  dan mengadopsi command center di Jepang dan Korea, BCC telah mempermudah dan mempercepat proses penanganan masalah masyarakatnya selama ini.

4. Provinsi DI Yogyakarta

Command Center Provinsi DI Yogyakarta (Istimewa)

Integrated Development Manajemen Center (IDMC) Yogyakarta menyerupai command center Bandung. Walaupun tentunya ada perbedaan fungsi dikarenakan kewenangan antara Provinsi dan Kota. 

IDMC lebih diarahkan kepada perencanaan atau pengambilan keputusan, walaupun tentunya fungsi pemantauan situasi dan kondisi DIY terus terkoneksi dengan adanya CCTV di berbagai satuan kerja di bawahnya. IDMC dijadikan ruang sekaligus alat untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, akuntabel dan transparan.

5. Kabupaten Malang

Ruangan Command Center Kabupaten Malang (Nana)

Command Center Malang yang bermarkas dilantai 9 Komplek perkantoran Sekretariat Daerah Kabupaten Malang adalah salah loncatan bagi Pemda di bawah kepemimpinan Rendra Kresna. 

Gaung smart city yang terus digelorakan beberapa tahun lalu, kini terlihat wujudnya dalam bentuk ruangan futuristik tak kalah menawan dengan BCC.

Dilaunching Rabu (28/02), Command Center Kabupaten Malang ini telah diujicoba secara langsung oleh Rendra Kresna saat melakukan teleconfren dengan pemerintah desa di berbagai wilayah.

Uji coba Command Center Kabupaten Malang. Ka-Ki Bupati Malang Rendra Kresna dan Kadiskominfo Nasar Selain HT (Istimewa)

“Di era digital tidak ada sekat dan jarak bagi masyarakat untuk melakukan aduan ke kita. Lewat smart city seluruh masyarakat bisa berpartisipasi sebagai mata dan telinga pemda. Dari urusan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sebagainya,” kata Nasar.

Command Center Kabupaten Malang ini juga akan terintegrasi dengan Command Center Polres Malang, selain dengan berbagai posko di OPD yang ada di Kabupaten Malang.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top