Positif, Dua Warga Kota Batu Diserang Difteri

MALANGTIMES - Hingga akhir bulan ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menemukan 4 kasus warga terjangkit difteri di Kota Batu. Dari total yang terjangki, dua di antaranya dinyatakan positif terserang difteri berasal dari Kecamatan Batu dan Junrejo. Dan 2 lainnya suspek (dicurigai).

“Setelah dinyatakan positif kami langsung melakukan ORI (Outbreak Response Imunization) di lingkungan yang kontak dengan yang terinfeksi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Batu Drg Kartika Trisulandari.

Ia menjelaskan, saat ada yang positif terjangkit difteri, pihaknya langsung memberikan ORI. ORI ini merupakan upaya untuk mencegah penularan difteri mengingat penyebarannya melalui udara dan kontak langsung dengan penderita.

Karena itu, pihaknya bulan ini gencar melakukan ORI (Outbreak Response Imunization) Difteri untuk usia 1-19 tahun. Hingga saat ini dari total sasaran yang akan diimunisasi, sudah tercapai 49,78 persen.

Dengan demikian kurang lebih sudah ada 29.429 orang dari 55.769 orang sasaran yang telah dilakukan di beberapa sekolah dan posyandu. Diketahui penyakit ini bisa mengakibatkan meninggal dunia jika telat ditangani. 

Beberapa kendala dirasakan Dinkes Kota Batu meski program diberikan secara cuma-cuma. Masih ada beberapa sekolah yang kurang koperatif untuk mengimunisasikan siswanya, karena beberapa alasan tertentu.

“Karena itu kami butuh dukungan juga kepada orangtua, supaya anaknya mau diberikan ORI. Karena ada sekolah yang menyebut siswa tidak boleh diimunisasi oleh orang tua,” imbuhnya.

Diketahui sepanjang tahun 2017 tercatat ada sekitar 15 orang  menunjukkan gejala difteri di Kota Batu. Dari 15 orang itu, satu di antaranya positif terjangkit virus difteri.

Jika dibandingkan dengan 2016, ada peningkatan jumlah penderita difteri di Kota Batu.  Sebab, tahun lalu, dari data Dinas Kesehatan Kota Batu, hanya ada tiga  orang yang menunjukkan gejala diserang virus difteri. Dari tiga itu, yang positif terjangkit difteri ada satu orang.

Editor : Heryanto
Publisher : Aditya Fachril Bayu

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top