Ingin Penelitianmu Terbit di Jurnal Ilmiah? Ini Cara yang Ditawarkan Barenlitbang Kota Malang

Suasana kegiatan Sosialisasi Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengembangan oleh Barenlitbang Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana kegiatan Sosialisasi Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengembangan oleh Barenlitbang Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang kembali menghadirkan terobosan teranyar. Maret mendatang, lembaga eks Bappeda tersebut bakal menerbitkan jurnal ilmiah terkait problematika dan solusi perencanaan pembangunan perkotaan. 

Jurnal itu rencananya bakal terbit konsisten dua kali dalam setahun. Hari ini (20/2/2018) Barenlitbang menggelar Sosialisasi Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengembangan di Hotel Grand Palace. Kegiatan tersebut dihadiri delegasi dari 69 perguruan tinggi di Kota Malang serta perwakilan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso, menjelaskan, keberadaan jurnal ini amat dibutuhkan dalam perencanaan dan pembangunan kota. Menurutnya, pemangku kepentingan dituntut memiliki sense of crisis yang mengharuskan proses pengambilan keputusan cepat dan tepat sasaran melalui penilaian dan identifikasi permasalahan secara akurat.

"Karena itu kami akan menerbitkan sebuah jurnal sebagai wadah bertukar pikiran (brain storming), menuangkan, menuliskan dan menyalurkan gagasan dalam bidang perencanaan pembangunan serta mewadahi aktivitas penulisan materi perencanaan pembangunan secara berkala," ujarnya. 

Dalam penyusunan jurnal ini, lanjut Erik, mahasiswa dalam strata S-1, S-2, maupun S-3, serta para pihak terkait juga dilibatkan. Mereka dapat mengirimkan hasil penelitian khususnya tentang Kota Malang ke Barenlitbang sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk Kota Malang.

"Setiap hari banyak mahasiswa yang menyusun tugas, skripsi, tesis bahkan desertasi datang ke OPD, jumlahnya puluhan. Kemudian lama - lama saya berpikir, eman kalau hasil kajian atau penelitian itu tidak menjadi feedback bagi Pemkot Malang melalui OPD yang membidangi urusan yang sedang diteliti itu," urainya. 

Padahal, lanjut Erik, hasil penelitian itu bisa menjadi bahan masukan yang sangat berharga. "Skripsi kan juga harus dirupakan jurnal. Biasanya kan berhenti di perpustakaan kampus masing-masing. Padahal Malang kota pendidikan dan potensi yang berharga ini harus dimanfaatkan," tegasnya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang terus Wasto, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Barenlitbang. Terlebih, jurnal yang rencananya bakal berjudul Pagripta ini merupakan jurnal ilmiah milik pemerintah daerah yang ketiga se Indonesia. Sementara ini, baru dua pemerintah yang membuat jurnal yakni Pemprov Jawa Timur dan Pemprov Sumatera Barat. 

Dia menilai, banyak hasil penelitian-penelitian yang perlu di-share secara luas agar publik juga bisa memanfaatkan hasil penelitian tersebut. Di sisi lain, Wasto menyebutkan bahwa publikasi hasil penelitian ini sekaligus memunculkan rasa bangga bagi peneliti. "Apalagi kalau hasil penelitiannya diimplementasikan dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kalau ini dilakukan secara aktif, ini menjadi ruang. Juga akan jadi banyak inovasi muncul," tuturnya. 

Wasto juga mengimbau agar seluruh civitas akademika di Kota Malang mau berpartisipasi aktif. "Saya berharap untuk semua perguruan tinggi manakala membuat suatu penelitian, silahkan utuk dimasukkan ke jurnalnya Pemkot Malang ini," pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, Barenlitbang Kota Malang juga menghadirkan sejumlah pembicara kompeten dalam penyusunan jurnal ilmiah. Yakni materi Penyusunan Artikel dalam Jurnal oleh Sunyoto; Kebijakan Pemerintah dan Publikasi Ilmiah dalam Kelitbangan oleh Imam Topik; Manajemen Tata Kelola dan Penerbitan Jurnal oleh Eko Yuniarto; Teknik Penyuntingan Naskah Artikel oleh Eny Dyah Yuniwati; serta Hasil Penelitian dan Kajian Berorientasi Publikasi Karya Ilmiah oleh M Baidawi.

Editor : A Yahya
Publisher : Zaldi Deo

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top