Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Janji Puti Guntur Soekarno: Sekolah SMA/SMK Gratis

Temui Buruh Pabrik di Kabupaten Malang, Puti Guntur Soekarno Janjikan Ini

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

19 - Feb - 2018, 15:20

Puti Guntur Soekarno (berhijab merah) saat melayani pertanyaan media di PR di Kabupaten Malang, Senin (19/02) (Nana)
Puti Guntur Soekarno (berhijab merah) saat melayani pertanyaan media di PR di Kabupaten Malang, Senin (19/02) (Nana)

MALANGTIMES - Masa kampanye Pilgub Jawa Timur (Jatim) yang menginjak hari ke lima,  sejak tanggal 15 Februari 2018 lalu, dimanfaatkan oleh Puti Guntur Soekarno yang bertandang ke Pabrik Rokok (PR) di wilayah Kabupaten Malang. 

Kedatangan Calon Wagub Jatim yang mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut disambut hangat oleh ribuan buruh PR yang mayoritas adalah perempuan. 

Baca Juga : Ketua PPP Puji Pasangan Calon PDI Perjuangan, Sinyal Koalisi?

Beberapa buruh yang  sibuk bekerja,  menyempatkan diri untuk berfoto sekaligus mengeluarkan unek-uneknya kepada Puti yang didampingi oleh seluruh petinggi PDI Perjuangan Kabupaten Malang. 

Unek-unek yang dilontarkan oleh para buruh perempuan di PR tersebut didominasi dengan harapan adanya perlindungan pendidikan bagi anak buruh serta kesehatan dan keselamatan bekerja yang lebih maksimal. 

"Mereka menyampaikan hal tersebut. Terutama mengenai pendidikan anak-anaknya saat menginjak jenjang SMA/SMK, " kata Puti Guntur Soekarno,  Senin (19/02) setelah melakukan perbincangan dengan para buruh perempuan. 

Keluhan buruh rokok mengenai anak-anaknya yang akan masuk ke SMA/SMK adalah mengenai persoalan anggaran. Diketahui,  anggaran masuk sekolah jenjang SMA/SMK setiap tahunnya terus merangkak. Hal ini semakin menambah beban keuangan para buruh rokok yang ada. 

Kondisi inilah yang mengemuka kuat saat kedatangan Puti ke PR di Kabupaten Malang. "Ini memang menjadi persoalan lama. Karenanya kami nanti kalau terpilih akan mengeluarkan kebijakan sekolah gratis untuk jenjang SMA/SMK," terang Puti kepada media. 

Selain menyoroti serta menyampaikan program sekolah gratis bagi masyarakat Jatim untuk jenjang SMA/SMK,  Puti juga memuji mengenai PR yang telah menyediakan perlengkapan keselamatan dan kesehatan buruh dalam melaksanakan pekerjaannya. 

Baca Juga : Masuk Kategori Rawan, Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN Pemkab Malang dalam Pilkada

Dirinya melihat bahwa untuk K3 di PR Kabupaten Malang telah dilaksanakan. "Tentunya sangat menggembirakan. Walau terbilang pabrik rokok yang masih menerapkan pola tradisional,  tapi K3 nya sudah berjalan. Cuma memang perlu semakin ditingkatkan. Seperti alat keselamatan untuk buruh bagian lipat plastik,  agar tidak tangannya terbakar," urai Puti yang terkadang bersama buruh menyanyikan lagu Kabeh Sadulur Kabeh Makmur yang dilantunkan Via Vallen. 

Pun di bidang kesehatan kerja,  Puti mendorong agar seluruh buruh rokok yang mayoritas adalah perempuan bisa lebih diperhatikan. 

Dirinya berjanji akan terus meningkatkan taraf kesejahteraan perempuan dalam berbagai bidang. "Pemberdayaan perempuan akan menjadi salah satu fokus kami nanti, " pungkas Puti yang juga mengingatkan agar para buruh nantinya memilih pasangan nomor dua ini. 


Topik

Politik berita-malang Janji-Puti-Guntur-Soekarno PDI-Perjuangan-Kabupaten-Malang Sekolah-SMA-SMK-Gratis


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus