Desa Wisata Pujiharjo Ajak Wisatawan Sambang Sawah, Kebun dan Keindahan Pantai Kabupaten Malang

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara ketika mengunjungi Pantai Pasir Putih di Desa Wisata Pujiharjo, Kabupaten Malang. (foto : Kades Pujiharjo for MalangTIMES)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara ketika mengunjungi Pantai Pasir Putih di Desa Wisata Pujiharjo, Kabupaten Malang. (foto : Kades Pujiharjo for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Program prioritas Kabupaten Malang dalam mengoptimalisasikan pariwisata tertua digelorakan, salah satunya mengangkat desa wiasata berbasis lingkungan. Tercatat, Kabupaten Malang saat ini sudah memiliki 17 desa wisata yang bisa menjadi daya tarik wisatawan dengan konsep yang berbeda-beda.

Salah satunya desa wisata yang baru dibuka 2018 ini yaitu Desa Wisata Pujiharjo yang dikemas dalam program Live in Pujiharjo. Destinasi wisata teranyar ini mengusung tema keindahan alam dan keramahan lingkungan pedesaan.

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso mengatakan Desa Wisata Pujiharjo selain menonjolkan wisata alamnya juga keramahan masyarakatnya terhadap wisatawan yang dikemas dalam tagline 'Live in Pujiharjo'.

Keindahan Wisata Watu Payung di Desa Wisata Live in Pujiharjo. (foto : Kades Pujiharjo for MalangTIMES)

"Wisatawan diajak untuk hidup dalam suasana pedesaan Pujiharjo. Cukup dengan membayar Rp 150 ribu per orang (satu paket) wisatawan bisa menginap di home stay warga pada hari weekend," kata Hendik kepada MalangTIMES, Sabtu (17/2/2018).

Usai bermalam di home stay, pagi harinya menurut Hendik wisatawan akan diajak ke wisata sambang kebun, sawah dan segoro (laut). 

Setelah itu rombongan wisatawan diajak warga diajak keliling ke sawah bagaimana cara bercocok tanam. 

Usai berkeliling sawah, pengunjung diajak berkebun ke ladang kopi, cengkeh dan sekarang ini lagi panen durian. 

Wisatawan asing terpukau dengan keindahan air terjun di Desa Wisata Live in Pujiharjo. (foto : Kades Pujiharjo for MalangTIMES)

Usai puas berkebun, mereka diajak sambang segoro yakni menikmati keindahan Pantai Si Pelot dan berkeliling naik perahu ke wisata Pasir Putih, Watu Payung, Watu Kuwung, Parang Banteng, Goa Lowo selebar 15 meter dengan tinggi 10 meter.

"Ternyata wisawatan sangat senang dan berkesan bisa menikmati persawahan, berkebun dan keindahan pantai. Tak hanya itu mereka juga bisa menikmati bakar ikan dan minum kelapa muda di pinggir pantai," terang pria 42 tahun itu.

Hendik menyampaikan Desa Wisata Live in Pujiharjo yang baru dibuka awal 2018 ini jumlah kunjungan sudah mencapai 400 orang. Kemudian jumlah home stay yang ada di Desa Pujiharjo saat ini mencapai 55 rumah.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus memberikan pendampingan dan pembinaan dalam mengangkat potensi Desa Wisata Pujiharjo," pungkasnya.

Editor : A Yahya
Publisher : Angga .

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top