PU Bina Marga Siapkan Jalan Penghubung Proyek Pansela Balekambang-Blitar

Peta rencana pembangunan jaringan jalan pansela di wilayah Kabupaten Malang. (Nana)
Peta rencana pembangunan jaringan jalan pansela di wilayah Kabupaten Malang. (Nana)

MALANGTIMES -  Pemkab Malang tak akan tinggal diam dengan dilangsungkannya pembangunan jalan pantai selatan (pansela) koridor barat Balekambang-Blitar sepanjang 31 kilometer. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang bakal ambil bagian untuk menyukseskan proyek yang akan digarap tahun 2018 ini. 

Kepala Dina PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni mengatakan pada proyek pansela , daerah tidak masuk dalam tataran teknisnya. "Jadi kita istilahnya diminta untuk menyiapkan Ugo Rampe-nya saja. Masalah anggaran,  pelaksana kegiatan ranahnya pusat, " ujarnya kepada MalangTIMES, Kamis (15/02). 

Ugo Rampe inilah yang terus dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyongsong pembangunan pansela koridor barat Balekambang-Blitar. Misalnya,  mengenai status tanah yang akan dibangun. Maupun jalur-jalur jalan yang akan dilalui pembangunan jalan pansela. 

Romdhoni menyatakan,  tidak mungkin pihaknya berdiam diri dalam rencana pembangunan tersebut. "Kita siapkan berbagai hal terkait infrastruktur di sepanjang jalan tersebut. Baik mengenai peta serta analisisnya sampai pada persoalan pembebasan lahan warga,  misalnya, " terang dia. 

Dia melanjutkan,  hal-hal teknis yang jadi kewenangan daerah tetap dilaksanakan. Untuk semakin mempermudah secara teknis pembangunan pansela Balekambang-Blitar,  nantinya. 

"Perbaikan dan peningkatan jalan penghubung,  misalnya, kita prioritaskan untuk secepatnya dibangun. Sehingga konektivitasnya dengan pansela koridor barat bisa saling mengisi, " pungkas Romdhoni. 

Dia juga menyatakan rencana pembangunan tersebut memang telah dipersiapkan. Kini berada di meja pemerintah pusat yang akan menanganinya. 

"Pembangunan pansela koridor barat sudah dibahas dan beberapa syarat dari pusat mengenai status tanah dari Balekambang sampai Blitar juga sudah dikoordinasikan, " beber dia.

Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top