Jalan Makam Desa Toyomarto yang Rusak Akhirnya Dipaving

Kondisi jalan makam Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, akan segera diperbaiki dan dipaving usai dilalui alat berat milik pabrik batako. (foto : Imam Syafii/MalamgTIMES)
Kondisi jalan makam Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, akan segera diperbaiki dan dipaving usai dilalui alat berat milik pabrik batako. (foto : Imam Syafii/MalamgTIMES)

MALANGTIMES - Rusaknya makam umum di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, akibat dilalui alat berat menuju pabrik batako milik PT Jaya Etika Beton akhirnya terselesaikan. Saat ini pihak pengembang pabrik bersama perangkat desa Toyomarto sudah melaksanakan pavingisasi jalan makam yang rusak tersebut.

Sebelumnya, terjadi ketegangan antara warga dan pihak pabrik batako karena makam rusak setelah dilalui alat berat. Warga mendemo pengemang pabrik. Namun, kejadian itu dianggap karena miss-komunikasi terkait pemakaian fasilitas umum, yaitu jalan makam Desa Toyomarto, oleh pengembang pabrik batako milik PT Jaya Etika Beton tersebut.

Karena itu,  31 Januari 2018, perangkat desa menggelar rapat musyawarah bersama warga dan pengembang pabrik. Pengembang  mengklarifikasi dan meminta maaf atas jalan makam yang rusak pada 28 Januari 2018 lalu.

Sebenarnya pihak pengembang telah berkoordinasi dengan pemerintah desa berkaitan dengan izin lewat atau menggunakan jalan makam. Pemakaian jalan makam diperbolehkan karena hanya bersifat sementara untuk memasukkan beberapa alat berat saja.

Namun, karena informasi ini tidak tersampaikan kepada warga serta adanya makam yang rusak saat dilewati alat berat, warga bergolak. mereka menolak serta melarang pihak pabrik memakai jalan tersebut.

Akibat kejadian ini, PT Jaya Etika Beton bertanggung jawab sepenuhnya atas jalan makam yang rusak untuk segera diperbaiki dan dipaving. Mereka juga memasang lampu penerangan jalan makam, memperbaiki atau meratakan lapangan sepak bola sekitar makam, membuat saluran drainase, dan merekrut tenaga kerja di wilayah Toyomarto.

Dari kejadian ini, Kepala Desa Toyomarto M. Nari menjelaskan awalnya pihak pabrik ingin mendatangkan alat berat, namun tidak ada jalur untuk dilewati. Akhirnya dibuat jalan sementara di makam itu untuk alat berat dan selanjutnya akan dikembalikan lagi untuk dibuat jalan paving.

"Awalnya kami, perangkat desa, kepala dusun, dan bhabinkamtibmas mengizinkan untuk satu alat berat (backhoe) dilewatkan di sini (jalan makam) untuk sementara saja mas," ungkap Nari.

Menurut Nari, perangkat desa menindaklanjuti langsung jalan makam yang rusak untuk segera dipasang paving sekitar. Panjangnya 475 meter. "Hari ini paving sudah didatangkan dam besok mulai dikerjakan oleh tenaga kerja warga sekitar yang digaji oleh pihak pengelola pabrik," jelasnya.

Pihak pabrik juga memperbaiki makam  yang ikut rusak karena dilewati alat berat. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top