Pengunduran Diri Cawali Nanda Gudban Tunggu Keputusan Gubernur

Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi saat ditemui di ruang kerjanya. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi saat ditemui di ruang kerjanya. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Usai penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Calon Wali Kota Malang Ya'qud Ananda Gudban atau Nanda resmi melepas jabatannya sebagai anggota DPRD Kota Malang. Saat ini, surat penguduran diri tersebut tengah diajukan pada Gubernur Jawa Timur Soekarwo. 

Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi mengungkapkan, pengunduran diri tersebut telah melalui persetujuan dalam rapat paripurna.

"Sudah diparipurnakan kemarin (13/2/2017) karena sudah resmi ditetapkan hari sebelumnya. Hari ini (14/2/2018) surat pengunduran dirinya kami kirim ke Surabaya untuk mendapat persetujuan gubernur," ujar Bambang. 

Bambang menjelaskan, usai rapat paripurna tersebut secara otomatis seluruh hak dan kewajiban Nanda sebagai anggota dewan tidak lagi diberikan.

"Seluruh haknya putus, misalnya hak keuangan, tunjangan, fasilitas, dan lainnya," urai mantan kepala Bakesbangpol Kota Malang itu. 

Menurut dia, posisi yang ditinggalkan Nanda bakal diisi melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW). "Tapi untuk kapan (pergantiannya) bergantung partai, biasanya tidak langsung. Ada  jeda waktunya," terang Bambang. Seperti diketahui, Nanda merupakan anggota Fraksi Hanura-PKS yang berasal dari Partai Hati Nurani Rakyat. 

Nantinya, pengganti Nanda adalah calon legislatif (caleg) Partai Hanura yang pada 2014 lalu mendapat perolehan suara tertinggi. "Nanti namanya didapatkan dari KPU, siapa yang akan menggantikan Nanda," paparnya.

Meski surat keputusan dari gubernur belum turun, Bambang menegaskan bahwa Nanda terhitung tidak aktif per 12 Februari 2018. "Meski ketetapan turun Maret, tapi per 12 Februari haknya putus. Di surat gubernur nanti mundurnya juga ditulis per tanggal penetapan itu," pungkasnya. 

Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top