Diburu Muda-Mudi, Harga Bunga Potong Jelang Valentine Naik Dua Kali Lipat

pembeli melihat-lihat bunga potong siap rangkai yang banyak diburu untuk momen Valentine. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
pembeli melihat-lihat bunga potong siap rangkai yang banyak diburu untuk momen Valentine. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Say it with flower atau ungkapkan perasaan melalui bunga. Tampaknya hal itu masih menjadi pilihan sebagian orang untuk mengungkapkan kasih sayang di Hari Valentine yang dirayakan setiap 14 Februari. 

Di Kota Malang, penjualan bunga potong, khususnya jenis bunga mawar meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa sejak awal pekan ini. Winarso, salah satu penjual bunga di Pasar Bunga Splendid mengungkapkan bahwa momen Hari Valentine memberikan berkah tersendiri bagi pedagang. 

Untuk bunga mawar, permintaan naik hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. Akibat tingginya permintaan tersebut, harga mawar pun ikut naik. "Untuk bunga mawar biasanya kita jual Rp 2.500 per batang, saat Valentine harganya naik dua kali lipat menjadi Rp 5 ribu," ujar Winarso saat ditemui di kios Aries Florist. 

Menurutnya, mahalnya harga bunga mawar disebabkan kenaikan harga dari petani. Selama ini, Winarso mendapatkan pasokan bunga mawar dari petani di wilayah Kota Batu dan Bandung. "Harga dari petani sudah mahal karena pembelinya banyak kalau Valentine, selain Valentine biasanya harga bunga juga mahal saat momen Hari Ibu," tutur pria yang sudah 25 tahun bergelut dengan bisnis bunga ini.

Selama ini, mawar menjadi bunga favorit masyarakat. Selain mawar, bunga yang juga laku keras saat Valentine di antaranya bunga krisan dan aster. "Saat Valentine kami memperbanyak stok bunga yang sudah dirangkai. Biasanya saat Valentine bisa laku hingga 200 paket rangkaian bunga," katanya.

Untuk rangkaian bunga tersebut, dibanderol dengan harga Rp 75 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung model dan banyaknya bunga. Namun setiap paket bunga edisi Valentine ini, selalu terdapat bunga mawar beraneka warna. "Pembeli bunga tidak hanya dari Malang, tetapi juga dari luar kota seperti Surabaya dan Yogyakarta," tandas Winarso.

Sementara itu, Annisa (21) warga Kota Malang mengaku sengaja membeli bunga di pasar bunga Splendid menjelang Valentine. Hal itu dilakukan sebegai bantuk ungkapan kasih sayang pada orang terdekatnya. "Di pasar bunga Splendid pusat penjualan bunga, jadi sengaja membeli bunga di pasar ini karena harganya relatif lebih murah," pungkasnya.

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top