Inilah Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Coban Raksasa Malang Nomor Berapa Ya?

(foto : http://indtraveller.wordpress.com)
(foto : http://indtraveller.wordpress.com)

MALANGTIMES - Air terjun (water fall) termasuk destinasi wisata yang digemari turis. Bicara air terjun, ada sepuluh di Indonesia yang termasuk kategori tertinggi. Salah satunya di Kabupaten Malang. Berikut MalangTIMES merangkumnya dari berbagai sumber.

1.  Air Terjun Sigura-gura (Sumatera Utara) 

Wisata air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan karena suasananya yang sejuk dan alamnya yang indah. Lokasinya terletak sekitar 250 kilometer dari Medan. Air terjun yang dihasilkan oleh Sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter.

Air Terjun Sigura-gura di Sumatera Utara memiliki ketinggian 250 meter. (foto :bp.blogspot.com)

2. Air Terjun Madakaripura (Probolinggo) 

Air terjun ini memiliki ketinggian 200 meter yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Wisata ini merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Konon masyarakat meyakini air terjun ini sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di Kerajaan Majapahit.

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo memiliki ketinggian 200 meter. (foto : bp.blogspor.com)

3. Air Terjun Raksasa (Kabupaten Malang) 

Air terjun atau yang dikenal dengan nama Coban Raksasa ini berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Memiliki ketinggian kurang lebih 150 meter. Untuk menuju ke wisata itu, dibutuhkan perjalanan sekitar empat jam dari pusat Desa Ngadas dengan medan naik turun melewati perkampungan warga hingga hutan. Namun perjalanan yang melelahkan itu akan terbayar dengan keindahan air terjun yang berada di tengah hutan yang sangat sejuk.

Air Terjun Raksasa di Kabupaten Malang memiliki ketinggian 150 meter. (foto : Kades Ngadas).

4. Air Terjun Payakumbuh (Bukittinggi) 

Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter, terletak di Ngarai Harau, Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan Lembah Harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah.

Air Terjun Payakumbuh di Bukittinggi dengan ketinggian 150 meter. (foto : bp.blogspot.com)

5. Air Terjun Sipiso Piso (Sumatera Utara)

Air terjun ini terletak di dataran tinggi Sumatera Utara. Ketinggian 120 meter. Sipiso Piso terletak sekitar 25 km dari kota Kabanjahe.

Air Terjun Sipiso piso di Sumatera Utara dengan ketinggian 120 meter. (foto :bp.blogspot.com)

6. Air Terjun Jarakan (Magetan)  

Air terjun ini memiliki ketinggian 115 meter yang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Air Terjun Jarakan ini sebagai bagian dari kawasan objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan.

Air Terjun Jarakan di Plaosan memiliki ketinggian 115 meter. (foto :bp.blogspot.com)

7. Air Terjun Sedudo (Nganjuk) 

Terletak di Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Memiliki ketinggian 105 meter. Letaknya sekitar 30 km dari Nganjuk. Selain sebagai objek wisata, air terjun ini sering dijadikan tempat pelaksanaan upacara tradisional oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Air Terjun Sedudo di Nganjuk memiliki ketinggian 105 meter. (foto :bp.blogspot.com)

8. Air Terjun Citambur (Cianjur Selatan)

Sebuah air terjun yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat indah menjadikan air terjun ini objek wisata yang eksotis.

Air Terjun Citambur di Cianjur memiliki ketinggian 100 meter. (foto :bp.blogspot.com)

9. Air Terjun Moramu (Kendari) 

Terletak 65 km di sebelah timur Kendari, memiliki ketinggian 100 meter. Keunikan dari air terjun ini yakni memiliki 127 tingkatan dengan panjang 2 kilometer di dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Moramu dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Moramu (Sulawesi Tenggara) memiliki ketinggian 100 meter. (foto : bp.blogspot.com)

10. Air terjun Curup Tenang (Sumatera Selatan) 

Curup Terang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak di dekat Desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer selatan Kabupaten Muara Enim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 99 meter dan pemandangan tak kalah menarik dengan air terjun di daerah lainnya. Alamnya begitu sejuk dan pemandangan yang sangat indah. 

Air Terjun Curup Tenang memiliki ketinggian 115 meter. (foto :bp.blogspot.com)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top