Megah, Kantor DPKPCK Kabupaten Malang Mulai Dilirik OPD Lain

Bagian TU Sekda Kabupaten Malang yang berkunjung ke kantor DPKPCK Kabupaten Malang dalam rangka studi replikasi, Jumat (09/02) (for MalangTIMES)
Bagian TU Sekda Kabupaten Malang yang berkunjung ke kantor DPKPCK Kabupaten Malang dalam rangka studi replikasi, Jumat (09/02) (for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perkantoran yang dihuni oleh karyawan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang,  bisa jadi satu-satunya yang terbilang megah dan modern. 

Selain peralatannya terbilang canggih,  desain kantor DPKPCK Kabupaten Malang juga merepresentasikan citra elegan,  mewah,  tapi tidak jatuh pada kesan eksklusif. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan ke kantor sampai minder. 

"Sifat pelayanan untuk publik tetap kita tonjolkan di setiap ruangan di DPKPCK. Kenyamanan masyarakat yang membutuhkan pelayanan tetap jadi prioritas dalam penataan ruang, " kata Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang,  Jumat (09/02). 

Tak ayal dengan kondisi perkantoran yang megah tersebut,  banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Malang yang meliriknya. Tahun lalu,  Polres Malang  sempat berkunjung untuk melihat penataan ruang dan desain kantor DPKPCK. Kini,  Bagian Tata Usaha (TU) Sekretariat Daerah (Sekda) yang berkunjung ke kantor yang secara langsung penataan dan desainnya dikomandoni Wahyu Hidayat ini. 

Salah satu sudut ruangan kantor DPKPCK Kabupaten Malang (for MalangTIMES)

"Tadi Kasubag dan staf TU Sekda berkunjung dalam rangka studi replikasi. Mereka cukup tertarik dengan penampilan kantor kami, " ujar Kandidat Doktor Sosiologi Unmer Malang ini. 

Kantor yang representatif serta mencerminkan identitas dengan kenyamanan di setiap ruangan,  sudah saatnya menjadi kebutuhan di setiap OPD Kabupaten Malang. Selain mampu membuat ASN betah untuk bekerja juga akan menjadikan kebanggaan bagi masyarakat atas perkantoran yang dimiliki. 

Masih kata Wahyu,  dengan penataan ruangan yang tepat serta sentuhan artistik pada dekorasi ruangan kantor akan menghasilkan energi positif bagi yang menghuni maupun tamu yang datang ke kantor. "Kita ingin nilai-nilai filosofisnya yang jadi nafas dalam sebuah bangunan. Ini mungkin yang  ditangkap oleh OPD lain dengan keberadaan kantor kami, " urai Wahyu yang mahir dalam bidang tata ruang ini. 

Berbagai hasil pembangunan sentuhan DPKPCK juga bisa dinikmati di ruangan Command  Centre maupun di Rumah Kopi di Pendopo Agung Kabupaten Malang. 

Dilantai dua DPKPCK Kabupaten Malang,  setiap tamu bisa melihat maket pembangunan yang akan dikerjakan. Bupati Malang dan Kapolres Malang sedang melihat maket pembangunan

Kemegahan suatu kantor,  lanjut Wahyu,  bukan sekedar dipengaruhi karena bangunan baru dan anggaran besar saja,   tapi bagaimana spirit,  tugas serta karakter dari penghuninya bisa ditampilkan secara utuh. 

Kabupaten Malang telah memiliki guide line mengenai spirit tersebut yang diejawantahkan dalam tiga pilar program kerja,  yaitu pengentasan kemiskinan,  optimalisasi pariwisata dan lingkungan hidup. 

Tiga pilar ini bisa dijadikan rujukan desain ruangan perkantoran sesuai tupoksinya masing-masing di setiap OPD. "Spirit dan filosofis inilah yang membuat kantor DPKPCK tidak jatuh hanya pada soal megahnya saja. Kalau dari sisi bangunan ini juga sudah lama, " pungkas lelaki yang pernah juga bertugas sebagai Camat Tajinan ini

Editor : Yunan Helmy
Publisher : bayu pradana

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top