Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

6 Februari, Kota Malang Bakal Resmi Miliki Kampung Biru

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Feb - 2018, 21:39

Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Kusuma Dewi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Kusuma Dewi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - 6 Februari 2018 mendatang, Pemkot Malang memalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) sebagai leading sector akan melaunching 500 bangunan di 11 RT yang berada Kiduldalem, Klojen, Kota Malang menjadi Kampung Biru Arema.

Pelaksana tugas (Plt) Diah Kusuma Dewi mengungkapkan, bahwa sesuai namanya, Kampung Biru Arema sudah pasti identik dengan warna biru di seluruh bagian bangunan rumah. Hal ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

"Dengan dilaunchingnya kampung ini, kami mengharapkan agar tingkat ekonomi masyarakat dan juga pola hidup masyarakat bisa berubah lebih baik," jelasnya ketika ditemui MalangTIMES, Jumat (2/2/2018).

Setelah dilaunching, nantinya pihak Disperkim akan membina masyarakat, agar menarik restribusi masuk yang sangat terjangkau bagi pengunjung. Retribusi ini digunakan untuk pengelolaan dan pemeliharaan.

Kampung Biru ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beberapa macam wahana permainan atau berswafoto yang sebisa mungkin menarik wisatawan untuk datang. 

"Dengan adanya kampung wisata ini kan sebagai pancingan agar masyarakat bisa merubah cara berpikir dan pola hidup mereka dengan datangnya wisatawan, bisa melakukan optimalisasi ekonomi," bebernya.

Namun untuk pemberian taman di kawasan tersebut, nampaknya masih sulit untuk terealisasi. Pasalnya kawasan tersebut adalah sepadan sungai, yang idealnya Pemkot harusnya merelokasi masyarakat di sekitar pinggiran sungai.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Namun karena faktanya ada keterbatasan aset manakala harus memindahkan, maka pihak Disperkim hanya memberikan edukasi dan pembinaan tanpa bisa memberikan penambahan fasilitas lain.

Sementara itu, Ketua RW 05 Kampung Embong Brantas, Irmawan, mengatakan, ada enam Rukun Tetangga di wilayahnya. Semua warga mendukung perkampungannya menjadi kampung wisata Kampung Biru Arema.


Topik

Peristiwa Disperkim-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus