Bulan Depan, Semua Aktivitas Kerja Karyawan Pemkab Malang Terpantau di Command Center

OPD Pemkab Malang dan jajarang Polres Malang saat melihat langsung ruang command center Pemkab Malang di lantai 9 gedung Sekretariat Kabupaten Malang, belum lama ini. (foto : Diskominfo Kab Malang for MalangTIMES)
OPD Pemkab Malang dan jajarang Polres Malang saat melihat langsung ruang command center Pemkab Malang di lantai 9 gedung Sekretariat Kabupaten Malang, belum lama ini. (foto : Diskominfo Kab Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES Command center sebagai pusat layanan informasi terpadu di wilayah Kabupaten Malang sebentar lagi akan dioperasikan. 

Bulan depan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang rencana me-launching command center yang berada di lantai 9 Gedung Sekretariat Pemkab Malang, Kepanjen tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Nazarudin Hasan menegaskan kesiapannya merealisasikan command center Pemkab Malang  karena saat ini sudah dalam tahap finishing, tinggal penambahan beberapa fasilitas pendukung.

"Ada beberapa kekurangan yang harus kami tambahi yaitu mengganti satu unit LCD yang pecah dan jaringannya masih menjadi satu dengan yang ada di blocck office. Secepatnya akan kami selesaikan," kata Nazarudin kepada MalangTIMES, Sabtu (20/1/2018).

Nazarudin menerangkan ruangan commamd center ini memiliki 9 unit LCD yang akan menampilkan semua informasi seperti kondisi kemacetan, kecelakaan serta tindak kriminal yang nanti terekam langsung lewat CCTV. 

"Nah, dari 9 unit LCD itu ada satu unit yang pecah dan harus diganti. Kalau fasilitas lain sudah siap semuanya," ucapnya.

Selain bisa memantau kemacetan, command center  tersebut juga bisa digunakan untuk memantau dengan cepat dan terintegrasi aktivitas kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang dalam melayani masyarakat.

"Jadi aktivitas apapun dapat terlihat jelas di ruangan comand center. Terpenting Pak Bupati Malang Dr H Rendra Kresna bisa memantau secara langsung. Kami juga akan menempatkan petugas Kominfo sekitar 6 orang sebagai operatornya," paparnya.

Kemudian kendala yang dihadapi saat ini, lanjut Nazarudin, adalah jaringan yang dipakai masih menjadi satu dengan yang berada di block office. Ke depan, jaringan yang dipakai harus terpisah.

"Sekarang jaringan masih jadi satu, nanti ada jaringan khusus untuk command center masih kami koordinasikan dengan pihak Telkom," jelasnya.

Untuk fasilitas CCTV pemantau kemacetan yang terkoneksi di command center sudah terpasang di berbagai titik di wilayah Kabupaten Malang di antaranya di Karanglo, Lawang dan Kepanjen.

Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top