Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dihajar Puting Beliung, 10 Rumah Rusak Tertimpa Pepohonan

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

19 - Jan - 2018, 18:24

Pepohonan yang dihantam angin puting beliung menyebabkan 10 rumah warga di tiga RT di Desa Kasembon, Bululawang mengalami kerusakan, Jumat (19/01). (Satgana PMI for MalangTIMES)
Pepohonan yang dihantam angin puting beliung menyebabkan 10 rumah warga di tiga RT di Desa Kasembon, Bululawang mengalami kerusakan, Jumat (19/01). (Satgana PMI for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Puting beliung kembali melanda wilayah Kabupaten Malang. Tepatnya di Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang sekitar pukul 14.00 WIB. 

Setelah sekitar sepekan angin kencang terbilang relatif tidak ada, ternyata kini kembali datang dan mengobrak-abrik permukiman warga. 

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Tidak tanggung-tanggung, belasan pohon bertumbangan dan menimpa 10 rumah warga sehingga mengalami kerusakan dari berat sampai ringan. Puting beliung disertai hujan ini cukup membuat warga desa kelimpungan untuk menyelematkan diri dan harta bendanya. 

Dari data yang dirilis sementara oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, 10 rumah terdampak angin puting beliung mengalami kerusakan ringan yang disebabkan pohon di sekitar permukiman warga bertumbangan dan menimpa atap rumah. 

Tim Satgana PMI Kabupaten Malang saat membantu warga membersihkan pepohonan tumbang.

"Untuk data sementara seperti itu. Tim BPBD bersama Satgana PMI masih berada di lokasi untuk membantu warga," kata Bambang Istiawan Kepala BPBD Kabupaten Malang, Jumat (19/01). 

Bambang kembali menyampaikan imbauannya atas kondisi tersebut. Yaitu untuk melakukan penebasan ranting atau dahan pepohonan di sekitar yang dirasa bisa menyebabkan terjadinya kejadian seperti di beberapa wilayah. "Cuaca masih belum terprediksi aman. Hujan, angin kencang dan kini puting beliung. Masyarakat diharap terus waspada, " ujarnya. 

Dari data yang dilansir Satgana PMI Kabupaten Malang, wilayah terdampak puting beliung adalah warga RT 14 sampai RT 16 RW 03. Bangunan terbilang rusak parah menimpa satu kandang ayam milik Haryanto. Sisanya adalah rusak ringan yang menimpa 8 rumah warga milik Taufik, Kalil, Maskuri, Hudi, Heni yang terletak di RT 16 RW 03 Desa Kasembon, Bululawang. 

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Sedangkan di RT 14 RW 03 satu rumah yang terdampak, yaitu milik Parman dan satu kandang ternak milik Arifin. Sama dengan yang dialami oleh Suadi warga RT 15 Rw 03 yang rumahnya ditimpa pepohonan. 

Sampai berita ditulis, Tim BPBD dan Satgana PMI terus melakukan pembersihan sisa-sisa pohon tumbang di 3 RT di Desa Kasembon. 


Topik

Peristiwa bencana-alam-di-malang Puting-Beliung Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus