Dewanti Minta Setiap OPD Pekerjakan Satu ABK

Dewanti Rumpoko bersama ABK di Dino Mall Jatim Park 3, Minggu (14/1/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Dewanti Rumpoko bersama ABK di Dino Mall Jatim Park 3, Minggu (14/1/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Perhatian Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) rupanya bakal dibuktikan. Ya Dewanti bakal memberlakukan undang-undang terkait ketenagakerjaan bagi penyandang cacat di Kota Batu. 

"Dari dulu memang saya sudah berkecimpung bersama ABK. Banyak dari mereka yang berbakat. Karena itu, saya akan menerapkan UU yang sudah ada tentang hak ketenagakerjaan ABK," ungkap Dewanti, Minggu (14/1/2018).

Ia menjelaskan, pemerintah dan swasta wajib mempekerjakan penyandang cacat minimal satu persen. Setidaknya saat ini Dewanti sudah mulai memperkerjakan tiga orang ABK di Pemkot Batu.

"Saya sudah minta ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin untuk mencarikan 10 orang ABK. Mereka saya minta bekerja di sini. Tapi baru dapat tiga," imbuhnya saat menghadiri acara Festival Lukis 400 Anak Istimewa.

Dewanti menyadari bahwa tidak mudah untuk mendapatkan ABK dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Karena itu, nantinya ABK yang akan bekerja akan diberi pelatihan terlebih dahulu. Misalnya diberi pekerjaan yang ringan.  "Nanti akan diberikan latihan kerja dulu, seperti mengantar surat atau absen pekerjaan ringan dulu," kata istri Eddy Rumpoko ini.

Selain itu, Dewanti akan mendahulukan ABK yang merupakan warga Kota Batu.  "Anak Kota Batu dulu yang jadi prioritas kami. Seperti lulusan sekolah luar biasa (SLB) karena di sini ada dua negeri dan swasta. Nanti akan  direkrut Pemkot Batu," ucapnya.

Nantinya, lanjut Dewanti, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) harus memperkerjakan satu ABK. Diketahui saat ini ada kurang lebih 37 OPD yang ada di Pemkot Batu. "Saya minta setiap OPD harus ada satu ABK," tandasnya. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top