Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bikin Rusak Jalan, Dinas PU Bakal Benahi Saluran Air Sepanjang Jalan Bandulan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jan - 2018, 12:39

Petugas dari Bina Marga DPUPR Kota Malang memperbaiki jalan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas dari Bina Marga DPUPR Kota Malang memperbaiki jalan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Saluran air di kawsan Bandulan bakal dibenahi bidang Bina Marga dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Selama ini saluran air itu menjadi salah satu penyebab rusaknya  jalan di kawasan Bandulan, Kecamatan Sukun.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Malang Didik Setyanto mengungkapkan, perbaikan sebenarnya sudah direncanakan sejak 2017. Namun karena tahun itu pihaknya mengalami keterbatasan anggaran, maka pembenahan saluran air urung dilakukan. 

Baca Juga : Awal April Kota Batu Dilanda Tiga Kali Tanah Longsor

"Kalau jalannya, sudah dilakukan pembenahan. Selanjutnya kami akan lakukan pembenahan saluran air. Sebenarnya permasalahan di Bandulan itu kan air. Di sana kalau hujan, kan airnya meluap seperti sungai. Volume saluran sudah nggak muat," ungkapnya.

Detail engineering design (DED) pembenahan saluran air di sepanjang jalan kawasan jBandulan tersebut sudah ada. Dimulai dari pertigaan arah ke Pandan Landung sampai dengan jembatan arah ke Kasin.

"Mudah-mudahan untuk pembenahan tahun ini, dananya masuk dana hasil bagi cukai tembakau (DBHCT). Kalau itu gol, kami garap tahun ini," ucap Didik.

Ia juga mengungkapkan, selain air,  penyebab rusaknya jalan di kawasan tersebut juga akibat banyaknya truk yang melebihi muatan atau tonase. Sehingga kekuatan jalan tidak mampu menumpu beban kendaraan yang akhirnya mempercepat jalan rusak.

Baca Juga : Musibah Angin Kencang Rusak Ratusan Rumah di Dua Kecamatan

Karena itu, antinya DED dibuat sedemikian rupa untuk mengatasi permasalahan tersebut agar air tidak meluap ke jalan yang akhirnya bisa merusak jalan yang telah diperbaiki. "Kalau untuk memberikan imbauan tertulis kepada pemilik kendaraan di sekitar kawasan tersebut, masih belum. Mengingat daerah itu kawasan pabrik, nanti pasti akan ada imbauan agar bisa mematuhi aturan beban muatan," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa DPUPR-Kota-Malang Didik-Setyanto perbaikan-saluran-air jalan-bandulan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni