Agar Kendaraan Bermuatan Berat Aman di Jembatan Kali Lanang, Sebaiknya Perhatikan Ini

Salah satu fasilitas ganjalan ban mobil disediakan untuk menahan kendaraan di pinggir jalan jembatan Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Salah satu fasilitas ganjalan ban mobil disediakan untuk menahan kendaraan di pinggir jalan jembatan Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

KOTA BATU - Tahun 2017 setidaknya di tanjakan jembatan Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji sudah terjadi kecelakaan kurang lebih lima kali kejadian. Karena itu Polres Batu mengimbau agar melakukan beberapa hal ini sebelum melintasi tanjakan tajam tersebut.

“Memang sering terjadi kecelakaan di tanjakan ini (jembatan Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji). Terkadang karena kondisi mobil atau truk sedang tidak fit,” ungkap Kanit Laka Polres Batu, IPDA Anton Hendri.

Ia menjelaskan jika ingin melintasi tanjakan tersebut harus mengecek kondisi kendaraan. Terlebih pada kendaraan yang mengangkut muatan berat sangat rentan jika melintasi jalan tersebut. 

“Kalau memang kendaraan sudah gak fit sudah jangan lewat jalan itu. Tidak hanya truk yang membawa muatan berat, tapi seperti bus juga sangat rentan,” imbuhnya.

Selain itu ia juga menyarankan jika memang sudah tak kuat melintasi tanjakan sebaiknya menggunakan fasilitas yang sudah disiapkan di pinggir jalan. Fasilitas yang sudah disiapkan itu yakni ganjalan ban kendaraan. 

Di sana sudah disiapkan oleh Pemdes Pandarejo, sedikitnya empat ganjalan. Saat kendaraan sudah tidak bisa melaju lebih baik untuk langsung menganjal dengan ganjalan tersebut.

“Tapi sebaikanya kalau mau berkendara di jalan ini harus ada yang dampingi, jadi ketika mobil gak kuat berhenti yang mendampingi di kendaraan bisa turun ambil ganjalan ban mobil,” jelas Anton kepada BatuTIMES.

Hanya saja, ganjalan yang digantung itu sebelumnya ada enam unit. Namun terkadang ada yang tidak mengembalikan pada tempat sehingga hilang dan berkurang.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top