Dalami Kasus Pembuangan Bayi di Jalan Simpang Gajayana, Polisi Tunggu Hasil Autopsi

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kasus pembuangan bayi di aliran sungai Jalan Simpang Gajayana, Dinoyo, Kota Malang terus menjadi atensi kepolisian. 

Saat ini, polisi masih menunggu hasil otopsi dari dokter terkait penyebab kematian bayi yang dibuang tersebut. Apakah mati saat dilahirkan atau mati setelah dibuang. 

Hal tersebut untuk semakin menguatkan status tersangka pada UY (23) wanita asal Sidoarjo yang ditetapkan pada 11 Januari 2018 lalu.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK mengungkapkan UY mengakui telah membuang bayinya. Dari pengakuannya, ia sebenarnya berniat untuk merawat bayi tersebut namun karena ketika dilahirkan sudah dalam keadaan meninggal akhirnya ia membuangnya.

"Nah di sini kami dalami penyebab kematian bayi yang dibuang tersebut. Apakah benar sudah meninggal saat dilahirkan," jelasnya.

Setelah hasil autopsi keluar dan diketahui penyebab kematian bayi tersebut, lanjutnya, maka akan menjadi pertimbangan dalam pengenaan pasal 338 tentang pembunuhan atau pasal 340 tentang pembunuhan berencana dan atau pasal 341 tentang pembunuhan bayi oleh ibunya. 

"Nah itu masih akan kita dalami apa penyebab kematiannya untuk pengenaan pasal itu. Apakah 338 atau 340 atau juga 341," bebernya.

Sebelumnya UY diamankan pihak Polsek Lowokwaru ssetelah dicurigai warga sekitar kosnya di Jalan Tambak Sari no. 30B RT 01 RW 01, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Ia dicurigai telah membuang bayinya sendiri. Kecurigaan tersebut muncul setelah warga sempat melihat perut UY sebelumnya membesar. Namun belakangan mengecil, sampai akhirnya warga mendatangi kos UY lalu dibawa ke Polsek Lowokwaru untuk diperiksa dan diserahkan ke unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top