Wah, Asiknya Berwisata Tekstil di Tempat-Tempat Ini, Ternyata di Malang Juga Ada

Balai Besar Tekstil, Bandung
Balai Besar Tekstil, Bandung

Ada begitu banyak wisata edukasi yang ditawarkan di Indonesia.

Mengetahui proses dan seluk beluk pembuatan kain bisa jadi salah satu alternatif berwisata sekaligus menambah pengetahuan.

Nah, di Indonesia rupanya ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata sekaligus menambah ilmu tentang tekstil, salah satunya ada di Malang lho.

1. Museum Tekstil, Jakarta

Museum ini dibangun pada masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Koleksi Museum Tekstil diperoleh dari sumbangan dari Wastraprema dan menghimpun sekira 500 koleksi pada awalnya.

Koleksi ini berupaya terus ditambah hingga kini mencapai 2300 koleksi. Ribuan koleksi tersebut termasuk beragam kain batik, ulos, dan beragam kain tekstil tradisional lainnya.

Di sini juga tersimoan tekstil asli Indonesia dari mulai abad ke 18.

Hanya dengan biaya tambahan sebesar Rp 40.000 Anda sudah mendapatkan ilmu membatik, serta alat dan bahan membatik bisa Anda miliki.

Anda akan diajarkan dengan detil cara membatik di pendopo batik yang terletak di dalam komplek Museum Tekstil Jakarta, tepatnya di belakang galeri batik.

2. Balai Besar Tekstil, Bandung

Terletak di Jalan Ahmad Yani No.390, Kebon Waru, Batununggal, Kota Bandung. Balai Besar Tekstil (BBT) memiliki 8 jasa layanan teknis dibidang tekstil dan produk tekstil, yakni penelitian dan pengembangan; pengujian tekstil dan produk tekstil; kalibrasi peralatan uji; standardisasi; sertifikasi; konsultasi; pelatihan teknis; rancang bangun dan rekayasa.

Dukungan ruang perpustakaan BBT sangatlah membantu bagi pengusaha, mahasiswa ataupun tenaga ahli tekstil dalam mencari literatur tentang tekstil.

Karena koleksi buku yang berjumlah lebih dari 13.000 buah berisikan tentang teknologi, ensiklopedia, majalah, jurnal, dan laporan penelitian dari Balai Besar Tekstil.

Balai Besar Tekstil sebagai lembaga jasa dan penelitian tekstil memiliki banyak fasilitas produksi tekstil, mulai dari proses perajutan, pertenunan, garmen, pengujian tekstil dan sebagainya.

Dengan adanya wisata tekstil ini masyarakat umum dapat berkunjung ke Balai Besar Tekstil, mendapatkan pengalaman baru dan menambah wawasan dunia tekstil.

2. Wisata Textile LaGross, Malang

LaGross berlokasi di Jalan Indrokilo Selatan 28 Lawang tepatnya didepan PT. New Minatex. Di tempat ini wisatawan dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan textile kain.

Selain itu, wisata tekstil ini untuk mengenalkan minat tekstil di kalangan anak muda.

Untuk itu, dibuatlah Wisata Tekstil LaGross yang menggabungkan unsur tekstil dengan wisata pada Juni 2007 lalu.

Dengan adanya wisata tekstil ini diharapkan para pemuda berminat dalam bidang tekstil, dan mempunyai sarana dalam mengaplikasikan ilmunya di bidang pertekstilan.

Di galeri LaGross dipajang berbagai jenis kain hasil produksi PT New Minatex yang biasanya untuk memenuhi kebutuhan pangsa ekspor.

Pemasarannya sudah merambah Asia, Eropa, hingga Amerika. Selain untuk ekspor, perusahaan ini juga melayani pemasaran pangsa dalam negeri.

Oleh karena itu, di sinilah terdapat kain berkualitas ekspor dan berstandar internasional yang bisa diperoleh dengan harga sangat murah.

Ada program wisata yang bisa kamu nikmati di antaranya paket weaving (pembuatan kain mentah), paket finishing (pengolahan kain mentah) dan paket continuse waving and finishing.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top