Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gayung Bersambut, Geliat Wisata Petik Durian Ngantang Siap Diluncurkan

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

09 - Jan - 2018, 14:24

Petani durian Ngantang di Sumberagung, Ngantang yang akan jadi tempat wisata petik durian setiap hari Sabtu (13/01) (Dok. Nana)
Petani durian Ngantang di Sumberagung, Ngantang yang akan jadi tempat wisata petik durian setiap hari Sabtu (13/01) (Dok. Nana)

MALANGTIMES - Membangun pariwisata dengan konsep masyarakat desa, tidak bisa dilepas dari kepedulian dan kiprah elemen warga yang tergabung dalam berbagai komunitas.

Bersinergi dengan Organisasi Perangkat Desa (OPD) terkait, berbagai komunitas ini telah melengkapi geliat dunia pariwisata di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Umumkan Butuh Tenaga 4.000 Relawan Pejuang Kemanusiaan

Hal ini terlihat dari lahirnya Komunitas Malang Sejuta Wisata yang akan melaksanakan agenda wisata petik durian di Desa Sumberagung, Ngantang, Sabtu (13/01) mendatang.

Budi Widodo Koordinator Komunitas Malang Sejuta Wisata mengatakan, pihaknya mengadakan agenda Wisata Petik Durian Ngantang dikarenakan terpanggil untuk ikut serta membangun dunia pariwisata di Kabupaten Malang, khususnya.

"Kita ketahui begitu banyak potensi wisata di sini yang membutuhkan sentuhan secara nyata. Lewat berbagai event, misal wisata petik durian ini, kita berharap bisa membantu pemerintahan dalam mempromosikan potensi tersebut," terang Budi kepada MalangTIMES, Senin (08/01).

Wisata petik durian di wilayah Ngantang, merupakan salah satu kegiatan yang terbilang minim sentuhan. Selain dikarenakan sifat pohon durian yang hanya panen satu kali dalam setahun, area sebaran perkebunannya pun terbilang tidak terlalu luas. Misal, seperti perkebunan apel maupun kopi.

Kondisi inilah yang ingin diubah oleh Komunitas Malang Sejuta Wisata melalui kegiatan petik durian di salah satu sentra durian di Kabupaten Malang. "Selain nantinya kita juga mencoba untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai edukasi  durian. Baik jenis, rasa, olahan, budidaya maupun mungkin sejarahnya," ujar Budi yang didampingi anggota lain komunitas.

Walau budidaya durian tidak semasif jenis perkebunan lainnya, Kabupaten Malang terbilang surganya pecinta durian. Baik bagi masyarakat Kabupaten Malang maupun dari luar daerah.

Baca Juga : Deretan 15 Kabar Baik di Tengah Pandemi Covid-19 yang Melanda Dunia

Ngantang, Kasembon, Tirtoyudo, Jabung merupakan wilayah-wilayah perkebunan durian yang menghasilkan berbagai jenis dan citra rasa durian yang telah terkenal kelezatannya.

Budi pun menegaskan dengan karakteristik durian yang dihasilkan para petani Kabupaten Malang, sudah saatnya potensi ini digali lebih maksimal. Dalam konsep wisata berbasis komoditas.

"Ini agar tercipta kesadaran khususnya bagi petani durian bahwa mereka memiliki potensi unggulan yang bisa memberikan dampak ekonomi. Kita hanya mencoba untuk menghubungkan hal tersebut," terang Budi yang menjelaskan juga nantinya di acara tersebut peserta akan diajak untuk melihat dan mencicipi durian pilihan petani Ngantang serta beberapa pemberian edukasi mengenai berbagai olahannya.


Topik

Peristiwa Wisata-Petik-Durian-Ngantang wisata-malang kabupaten-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus