Tak Ingin Kecolongan Tim Reaksi Cepat Sapu Jagat Ini Tidak Pernah Libur Sisir Drainase di Batu

Tim sapu jagat saat membersihkan di Jl Panglima Sudirman, Kecamatan Batu Sabtu (6/1/2017). (Foto: DPUPR for BatuTIMES)
Tim sapu jagat saat membersihkan di Jl Panglima Sudirman, Kecamatan Batu Sabtu (6/1/2017). (Foto: DPUPR for BatuTIMES)

KOTA BATU - Pasca digenangi air sekitar Alun-alun Kota Batu dan Jl Panglima Sudirman Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga rupanya tak ingin kecolongan lagi. Melalui tim sapu jagat (tim reaksi cepat) sisir drainase sekitar Jl Panglima Sudirman, Sabtu (6/1/2017).

Di drainase tersebut terdapat bongkaran bahan bangunan di saluran itu seperti batako, buis beton, batu bata dan sebagainya. "Ini sangat berpotensi menyumbat saluran drainase. Dan memang tim sapu jagat ini tidak dibiasakan libur, tanggung jawab diselesaikan dulu," kata Alfi Nurhidayat, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Batu.

Bahan bangunan di drainase tersebut diduga sengaja dibuang di saluran. Atau diduga saat membangun rumah ada bahan bangunan yang jatuh ke saluran drainase dan tidak diambil.

"Poin yang kami tekankan adalah komitmen warga untuk bersama-sama menjaga fungsi saluran drainase," imbuhnya.

Menurutnya, infrastruktur drainase yang ada di lingkungan sekitar merupakan sarana pemutusan air sehingga harus tetap dijaga sebab bisa menghambat aliran air saat hujan datang. 

Pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi penumpukan di saluran air. Terlebih sampah yang didapatkan saat membersihkan drainase terdapat baju, celana, kasur rusak, hingga rongsokan radiator.

Sementara, tim sapu jagat yang bertugas dalam hal ini terdiri kurang lebih 20 orang. Mereka bertugas mengecek dan membersihkan drainase agar tidak terjadi genangan air di jalan raya.

Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top