Indonesia Punya Tiga Produsen Bakpia Favorit, Termasuk di Malang Loh

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok

MALANGTIMES- Siapa yang tahu makanan berbahan dasar kacang hijau kupas yang dibalut dengan kulit dari adonan terigu tipis yang dibentuk bulat pipih ini? Yaps, betul sekali makanan ini bernama bakpia.

Nah, rupanya di Indonesia ada beberapa produsen bakpia kenamaan yang kerap dijadikan oleh-oleh dari daerah sekitar. Ini dia bakpia-bakpia yang MalangTIMES maksud.

1. Bakpia Legong
Bakpia ini diproduksi di Ruko Kuta Megah, Bali. Hampir sama dengan bakpia yang kerap kita temui bakpia ini dilapisi dengan kulit dari adonan tepung terigu yang kemudian di oven dengan suhu panas. Harga pia Legong, satu kotak dijual dengan harga Rp 100 ribu. Di dalam satu kotak berisi 8 biji pia dengan ukuran sedang. Sesuai dengan namanya di bagian kotak depannya terdapat gambar penari Legong.

2. Bakpia Pathok
Bakpia Pathok 25 merupakan toko bakpia tertua di Jogja yang menjadi pelopor dari toko-toko bakpia lain. Bakpia ini merupakan bisnis keluarga yang sekarang diteruskan oleh generasi penerusnya. Toko bakpia tertua ini menyediakan lima varian rasa bakpia, yaitu kacang hijau, keju, coklat, durian, dan nanas.

Bakpia ini hanya mampu bertahan sekitar 6 hingga 10 hari saja sejak tanggal produksi, karena dalam pembuatan bakpia tidak menggunakan bahan pengawet. Namun jika dimasukkan ke dalam lemari es, dapat bertahan lebih lama 2 hingga 3 hari berikutnya. Sedangkan, untuk bakpia kering bisa bertahan sampai 1 bulan.

3. Bakpia Mangkok
Sebutan pia mangkok sebetulnya adalah dari Pia Cap Mangkok. Sebab masyarakat lebih suka memperpendek nama, maka lebih sering disebut Pia Mangkok. Pia Cap Mangkok ini tersohor di kalangan para pelancong yang berkunjung ke Malang.

Sejak pia ini dibuat tahun 1959, resep dan kualitasnya pun terus dijaga dari waktu kewaktu. Tekstur luar pia ini tetap enak dengan kulitnya yang krispi meskipun sudah tak lagi hangat disajikan. Juga rasa manis dan legitnya semakin memanjakan lidah bagi para penikmat camilan manis.

Secara rasa, tersedia beberapa varian rasa yang ditawarkan. Diantaranya adalah kacang ijo, coklat, keju, tangkwee, durian, dan kopi. Dari keenam rasa Pia Cap Mangkok di atas, ada satu rasa yang masih aneh terdengar di telinga yaitu tangkwee. Tangkwee adalah manisan labu putih.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top