Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Rumah Kopi, Ruang Baru Aktualisasi Para Pecinta Kopi dan Wisata Kabupaten Malang

Penulis : Imam Syafii - Editor : Heryanto

31 - Dec - 2017, 15:12

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna (tengah) menyerahkan nasi potong tumpeng kepada Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (kiri) sebagai tanda dilaunchingnya Rumah Kopi Amstirdam, Minggu (31/12/2017). (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna (tengah) menyerahkan nasi potong tumpeng kepada Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (kiri) sebagai tanda dilaunchingnya Rumah Kopi Amstirdam, Minggu (31/12/2017). (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Janji Pemkab Malang mengembangkan potensi kopi di wilayahnya terus dibuktikan dengan kerja-kerja nyata. 

Untuk mengangkat potensi kopi yang luar biasa di Kabupaten Malang, khususnya kopi robusta dan arabica di  wilayah Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo dan Dampit (Amstirdam), Pemkab Malang melaunching Rumah Kopi di Pendopo Pemkab Malang, Minggu (31/12/2017).

Baca Juga : Balada Susilo: Hidup di Gigir Kemiskinan Tanpa Jaring Sosial Pemerintah

Rumah kopi ini lokasinya berada di bagian depan sebelah timur Pendopo Pemkab Malang, Jl Agus Salim yang merupakan bekas Koperasi Kartini.  

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan rumah kopi ini diharapkan menjadi wadah yang efektif untuk mengenalkan potensi kopi yang dimiliki Kabupaten Malang.

"Kabupaten Malang menyimpan potensi kopi dengan kualitas rasa yang khas. Nah, di sini masyarakat maupun wisatawan bisa menikmati beragam jenis kopi khas Kabupaten Malang yang luar biasa," kata Made disela-sela launching branding Rumah Kopi Amstirdam Kabupaten Malang di hadapan para tamu undangan, Minggu (31/12/2017) siang.

Menurutnya, Rumah Kopi ini menjadi salah satu tempat di indonesia yang siap menyuguhkan beragam sajian kopi Kabupaten Malang. 

Selain menyajikan aneka kopi khas Kabupaten Malang, Rumah Kopi ini ini difungsikan sebagai Tourism Information Centre (TIC) Kabupaten Malang.

"Jadi wisatawan yang ingin mengetahui segala informasi tentang pariwisata Kabupaten Malang bisa datang ke sini. Mereka akan bisa mengorek info tentang wisata sebanyak-banyaknya sambil bersantai ria menikmati minuman kopi yang enak," paparnya.

Disinggung berapa jenis kopi yang disiapkan di Rumah Kopi, Made.menjelaskan ada sekitar 174 jenis kopi yang bisa dinikmati masyarakat dan wisatawan luar daerah.

"Wisatawan di sini bisa pesan kopi hangat atau es kopi, bebas. Rasanya original tanpa ada bahan campuran," ucapnya.

Baca Juga : Viral Dosen UM Disebut Positif Covid-19 setelah Ikut Pelatihan Petugas Haji di Surabaya

Made menerangkan kopi Kabupaten Malang memiliki sejumlah keunggulan hingga mampu go Internasional  khususnya kopi dari wilayah Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo dan Dampit (Amstirdam).

"Kami punya kopi andalan namanya kopi Amstirdam. Ada varian robusta dan arabica rasanya enak dan ada asamnya," papar pria asal Bali itu dihadapan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna dan para Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Malang, penggiat pariwisata dan pecinta kopi.

Acara launching Rumah Kopi Amstirdam diawali dengan minum kopi bersama lalu Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menggunting bunga di depan pintu masuk Rumah Kopi Amstirdam dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. 

Bupati Rendra Kresna lalu berkeliling meninjau Rumah Kopi didampingi Wakil Bupati Sanusi dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.

Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menyampaikan keberadaan Rumah Kopi ini diharapkan menjadi ruang informasi baru yang efektif bagi wisatawan. 

"Mereka bisa bertanya-tanya dan membaca buku sambil menikmati aneka jenis kopi yang dimiliki Kabupaten Malang. Saya yakin dalam suasana itu wisatawan akan dengan mudah mengenal wisata Kabupaten Malang dengan cepat," jelas Rendra.


Topik

Peristiwa Bupati-Malang Rendra-Kresna rumah-kopi pecintaa-kopi-malang wisata-kabupaten-malang pemkab-malang dinas-pariwisata-kabupaten-malang Made-Arya-Wedanthara


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Heryanto