Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Konsumsi Natal dan Tahun Baru, BI Malang Siapkan Uang Tunai Rp 1,5 Triliun

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Lazuardi Firdaus

25 - Dec - 2017, 11:06

Ilustrasi transaksi tunai di pusat perbelanjaan. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)
Ilustrasi transaksi tunai di pusat perbelanjaan. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meningkatnya aktivitas masyarakat sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini mulai diantisipasi Bank Indonesia (BI) Malang. Sebab, seperti tahun-tahun sebelumnya, diprediksi ada peningkatan konsumsi warga dan wisatawan. 

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Momen Nataru memang membuat para penyedia jasa menggeber berbagai program yang menarik pengunjung. Baik di sektor perdagangan seperti mall dan pusat-pusat perbelanjaan, hotel, serta lokasi-lokasi wisata. Bukan hanya penduduk lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Tentunya, kebutuhan uang tunai atau uang kartal juga meningkat. Memasuki liburan Nataru ini, Kantor Perwakilan BI Malang telah mempersiapkan uang kartal sebesar hampir Rp 1,5 triliun. Nominal itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada musim libur panjang tahun ini.

Berdasarkan data yang dirilis BI Malang, jumlah tersebut mengalami kenaikan 14,24 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Uraiannya, disampaikan Ketua Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan & Administrasi Perwakilan Bank Indonesia Malang, Rini Mustikaningsih. 

Rini mengatakan, pihaknya memproyeksikan aliran rupiah (outflow) Nataru mencapai Rp 1,42 triliun. Nilai itu meningkat jika dibandingkan Nataru tahun lalu yakni sebesar Rp 1,24 triliun. "Ada kenaikan Rp 177 miliar atau 14,24 persen," ujarnya. 

Yang mempengaruhi peningkatan tersebut, salah satunya ada kaitannya dengan tingkat konsumsi masyarakat yang juga meningkat. Namun untuk persentase kenaikan konsumsi, Rini belum bisa memastikan. "Kan saat ini masih berlangsung, jadi belum bisa kami sampaikan. Apalagi kan harus melihat data dan analisanya," jelasnya. 

Faktor lain yang mendorong kenaikan 'tandon' uang kartal itu, lanjut Rini, dikarenakan adanya kas titipan dari Probolinggo. Dia menjelaskan, sejak 1 November 2016 lalu telah diresmikan kas titipan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim cabang Probolinggo. 

Imbasnya, bank-bank umum yang di wilayah Probolinggo tidak perlu ke Malang untuk setor dan tarik uang. "Sehingga dari BI Malang dititipkanlah uang di BPD Jatim tersebut," lanjutnya.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Terpisah, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Dudi Herawadi menegaskan bahwa jumlah uang kartal tersebut dirasa akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan ke depan.

"Secara operasional bank, kebutuhan di wilayah Malang mencapai Rp 300 miliar per bulan, dan dana di BI masih sekitar Rp 1,5 triliun cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa bulan kedepan," papar Dudi.

Pihaknya pun menegaskan siap untuk menambah pasokan berapapun kebutuhan bank jika dana tersebut tidak mencukupi, terlebih untuk memenuhi kebutuhan uang kartal pada libur panjang Natal dan Tahun Baru. 

Dudi juga menghimbau agar masyarakat perlu mempersiapkan dan membekali libur panjang kali ini dengan E-Money untuk melakukan transaksi non tunai agar lebih efisien dan lebih praktis.

Sementara itu Area Head Bank Mandiri Malang Theresia Pratiwi Hastari menyampaikan, pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini pihaknya menyiapkan sekitar Rp 300 miliar uang kartal untuk kebutuhan ATM dan operasional cabang dalam menghadapi libur panjang. 

"Kami juga menyiapkan cabang piket untuk melayani pembayaran/penebusan BBM, pembayaran pajak dan kas terbatas di hari libur Natal dan Tahun Baru," ujarnya. Dia mengungkapkan, jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 20 persen dibanding tahun lalu.


Topik

Peristiwa natal-tahun-2017 BI-Malang Bank-Indonesia-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Lazuardi Firdaus