Cara Manfaatkan Liburan Ala SDN Tulungrejo 02 Ini Menarik untuk Dicontoh

Rustiyah Kepala SDN Tulungrejo 02 Batu (kanan) bersama Clariska Dewinda Sugiono menunjukkan hasil karyanya di SDN Tulungrejo 02 Batu, Sabtu (23/12/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES).
Rustiyah Kepala SDN Tulungrejo 02 Batu (kanan) bersama Clariska Dewinda Sugiono menunjukkan hasil karyanya di SDN Tulungrejo 02 Batu, Sabtu (23/12/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES).

Manfaatkan waktu liburan sekolah para pelajar kelas V SDN Tulungrejo 02 Batu ini diajak merangkai kokedama (bola lumut Jepang) di sekolahnya, Sabtu (23/12/2017). Upaya ini menjadi salah satu cara menumbuhkan kecintaan para pelajar pada tanaman.

Dimulai pukul 09.00 WIB sebanyak 30 pelajar berkumpul di sekolahnya. Kemudian seluruh perlengkapan seperti tanah liat, bunga kaktus, anturium, sabut kelapa, dan tali disediakan langsung oleh guru mereka. Masing-masing dari mereka ini membuat dua kakdema. 

Kemudian para pelajar ini mulai merangkai dengan membuang tanah yang menutupi akar tanaman hingga akar terlihat jelas.

Lalu mereka mencampur kompos dan tanah liat. Selanjutnya mereka menutupi tanah itu supaya lebih cantik dengan sabut kelapa dan bisa dibentuk sesuai keinginan. 

Kemudian melilit kakedama dengan tali agar sabut kelapa tidak lepas. Untuk semakin menarik dan mempercantik kakedama mereka menambahkan satu pasang mata boneka.

Membuat kakedama ini dirasa sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk mengisi waktu selama berlibur.

Salah seorang pelajar bernama Clariska Dewinda Sugiono mengaku senang sekali bisa menambah ilmunya dibidang tanaman. Cara tersebut membuatnya semakin tertarik untuk lebih peduli dan merawat tanaman dan lingkungan.

“Senang sekali kalau tanamannya dibuat seperti ini. Jadi lebih senang merawatnya, lebih tertarik lagi,” ungkap Clariska sambil menunjukkan karya kakedamenya.

Hanya saja ia sempat kesulitan saat melilit kakedamenya dengan tali. Namun dengan sabar dan telaten ia mampu menyelesaikan tugasnya. 

Sementara itu, Kepala SDN Tulungrejo 02 Batu Rustiyah menjelakan kegajatan ini bertujuan mengajak anak-anak mencintai tanaman yang akhirnya diharapkan akan tumbuh rasa cinta anak pada lingkungan sehingga terpacu untuk merawatnya.

“Ini salah satu cara mengisi waktu liburan dengan kegiatan positif agar para pelajar kami peduli akan tanaman. Kalau dibentuk cantik seperti ini pasti senang merawat, kita pacu dari situ dulu,” kata Rustiyah kepada BatuTIMES.

Kegiatan ini bisa menjadi program unggulan yang kemudian bisa ditularkan kepada pelajar lainnya.  

Rencananya kakedamen itu akan dipajang di sekolah. Selanjutnya para pelajar ini bertanggung jawab dengan tanamannya. Perawatan tanaman relatif sederhana, hanya perlu disemprot air tiga hari sekali.

“Misinya merawat lingkungan dan menciptakan lingkungan bersih dan indah. Dari hal yang sederhana, dan bisa dikembangkan di rumahnya,” tutupnya.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top