5 Perguruan Tinggi Tertua di Jatim, Salah Satunya Ada di Malang

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

MALANGTIMES- Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah perguruan tinggi yang begitu banyak. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu tujuan muda-mudi untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Tahukah kalian jika Jawa Timur memiliki banyak perguruan tinggi yang cukup tua? Salah satu perguruan tinggi tersebut rupanya ada di Kota Malang loh! Nah, ini dia lima perguruan tinggi tertua di Jawa Timur.

1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra

Berdirinya Universitas Kristen Petra tidak lepas dari peran Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra). PPPK Petra merupakan sebuah perhimpunan Kristen yang didirikan pada tahun 1951 yang bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan dari tingkat taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah.

Keinginan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, mendorong para pengurus perhimpunan ini untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi. Pada tanggal 22 September 1961 secara resmi diumumkan berdirinya UNIVERSITAS KRISTEN PETRA dengan Fakultas Sastra sebagai fakultas pertama dan satu tahun kemudian pada tahun 1962 berdirilah Fakultas Teknik Sipil.

2. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang sebelumnya bernama PTPG Malang. Universitas yang berdiri pada 18 Oktober 1954 ini juga pernah bernama IKIP Malang yang membuatnya menjadi salah satu IKIP tertua di Indonesia.

Pada awal pendiriannya, PTPG Malang mempunyai lima jurusan perintis, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah dan Budaya, Ilmu Ekonomi, serta Ilmu Pasti Alam.

Mulanya perkuliahan diselenggarakan di gedung SMA Tugu (sekarang SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang). Setahun kemudian, tepatnya sejak tanggal 20 Juni 1955, PTPG memiliki gedung sendiri di bekas Hotel Splendid yang terletak di Jalan Tumapel 1, Malang.

Pada tahun 1958, atas jasa Wali Kota Malang saat itu, Sarjono, lembaga ini mendapatkan sebidang tanah untuk membangun kompleks kampus yang terletak di Jalan Semarang 5, Malang.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga

Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Nama Airlangga yang berarti 'Peminum Air' adalah nama seorang raja yang memerintah di Jawa Timur. Nama ini dipilih oleh para pendiri Universitas Airlangga untuk penghormatan terhadap Raja yang bernama Prabu Airlangga yang hidup di abad ke 9. Dia menjabat sebagai raja pada masa 1019 hingga 1042.

4. Universitas Negeri Jember

Universitas Negeri Jember

Berdirinya Perguruan tinggi terbesar di Jember ini berasal dari cita-cita dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman. Tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia untuk mewujudkan cita-cita tersebut yang diberi nama “Panitia Triumviraat”.

Universitas Negeri Jember terletak di antara perkebunan serta diantara Kawah Ijen dan Gunung Bromo, sehingga udara di sini sejuk, dan sangat dekat dengan alam. Dengan motonya yaitu A Step Ahead to an Outstanding University.

Universitas Negeri Jember awalnya memiliki 5 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Hukum di Jember dan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik di Jember, Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi di Banyuwangi, dan Fakultas Sastra di Banyuwangi.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957. Dies Natalis ITS pertama adalah 10 November 1960, sementara nama ITS mulai digunakan dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961). Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, untuk mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan tinggi.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top