Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Ada Mitos Dapat Keberuntungan Usai Berkunjung ke Dua Tempat di Malang Ini, Berminat Mencoba?

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Heryanto

12 - Dec - 2017, 20:01

Wisata Gunung Kawi yang konon syarat dengan mitos keberuntungan. (Foto: Google Image)
Wisata Gunung Kawi yang konon syarat dengan mitos keberuntungan. (Foto: Google Image)

MALANGTIMES - Di Malang memiliki tempat-tempat yang syarat dengan mitos keberuntungan. Siapa saja yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut akan mendapat keberuntungan yang tidak terduga sebelumnya. 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Setidaknya ada dua gunung di Malang yang menurut mitos kaya dengan keberuntungan. Hal tersebut disimpulkan dari berbagai pengalaman orang-orang di sekitar.

Yang pertama gunung yang disebut-sebut membawa keberuntungan adalah Gunung Kawi yang terletak di Kabupaten Malang. 

Gunung ini memang terkenal namanya. Tidak terhitung jumlahnya orang yang ingin mengubah nasib secara cepat dengan  berziarah atau ngalap berkah di Gunung Kawi.

Popularitas Gunung Kawi tidak terbatas di Indonesia saja. Konon banyak juga warga negara asing seperti Singapura, Malaysia, Myanmar dan Cina yang datang untuk berbagai kepentingan.

Konon, orang-orang percaya bahwa Pohon Dewandaru yang tumbuh di sana membawa keberuntungan. Tidak jarang orang-orang yang berziarah sengaja menunggu daun, dahan, atau buah dari pohon langka ini jatuh. Kalau sudah jatuh, mereka tak segan berebut.

Gunung Mujur di lereng Arjuno yang konon membawa keberuntungan orang yang datang ke sini. (Foto: Google image)

Mereka yang mendapat bagian pohon Dewandaru yang jatuh akan segera membuatnya sebagai jimat. Ada yang membungkusnya dengan kain lalu disimpan di dompet atau dibungkus kain dan dijadikan kalung.

Yang kedua Gunung Mujur. Sesuai dengan namanya 'mujur' yang artinya beruntung. Gunung yang berada di Lereng Arjuna ini penuh dengan mitos keberuntungan. Barangsiapa datang ke Gunung Mujur sebanyak 7 kali di malam Jumat Legi dipercaya akan mendapat keberuntungan.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Selain makam yang dianggap kramat dan disakralkan, di sebelah utara Gunung Mujur terdapat sebuah candi yang jarang masyarakat tahu keberadaanya. 

Candi tersebut berada di sebuah ladang milik warga. Candi yang bernama Candi Telih itu adalah peninggalan Kerajaan Singosari.

Konon, di area tersebut merupakan sebuah tempat bertemunya Ken Arok dan Ken Umang yang merupakan istri pertama Ken Arok yang ia jadikan selir setelah Ken Arok dan Ken Dedes menikah.

Nah, berminat mencoba berkunjung ke dua tempat ini? 


Topik

Wisata malang berita-malang peristiwa-malang wisata gunung-kawi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Heryanto