Asal-usul Kabupaten Malang Bisa Dipotret dari 5 Candi Ini

Sejumlah candi di Kabupaten Malang yang mampu menguak asal-usul Kabupaten Malang (Foto : Google Image)
Sejumlah candi di Kabupaten Malang yang mampu menguak asal-usul Kabupaten Malang (Foto : Google Image)

Wilayah Kabupaten Malang sangat strategis karena dikelilingi pegunungan, patai dan keindahan alam. Selain potensi itu, wilayah yang memiliki 33 kecamatan ini menyimpan tempat-tempat bersejarah seperti candi peninggalan kerajaan di Kabupaten Malang.

Nah, ada 5 candi yang  bisa dimanfaatkan untuk memotret sejarah kerajaan di Kabupaten Malang.

Candi Kidal (http://sejarahbudayanusantara.weebly.com)

Pertama, Candi Kidal. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Salah satu candi Hindu yang ada di Jawa Timur tersebut konon merupakan tempat persemayaman Raja Anusapati. Candi Kidal terletak di Desa Kidalrejo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Candi Singosari (malangkab.go.id)

Berikutnya, Candi Singosari. Candi Hindu ini menurut sejarah bekas peninggalan Dinasti Singosari. Candi ini terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Konon candi ini salah satu candi tertinggi di zamannya. Oleh sebab itu, Candi Singosari kerap disebut Candi Cungkup karena bentuknya yang menjulang tinggi. Selain itu, Candi Singosari memiliki keunikan lain yakni bentuknya yang seolah terdiri dari dua tingkat.


Candi Jago (http://www.eastjava.com)

Selanjutnya, Candi Jago di Desa Jago, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Namanya diambil dari kata Jajaghu yang berarti keagungan. Istilah ini biasa digunakan masyarakat zaman itu  untuk menunjuk tempat yang suci.

Candi ini dijuluki juga dengan nama Candi Tumpang. Namun dalam kitab Negarakertagama dan Pararaton, nama candi ini disebut dengan nama Jajaghu.

Dalam pupuh 41 gatra ke-4 Negarakertagama dijelaskan  Raja Wisnuwardhana yang memerintah Singasari menganut Agama Syiwa Buddha, yaitu  aliran keagamaan yang merupakan perpaduan antara ajaran Hindu dan Budha. 

Aliran tersebut berkembang selama masa pemerintahan Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan yang letaknya sekitar 20 km dari Candi Jago. 


Candi Sumberawan (wikimedia.org)

Lalu, Candi Sumberawan yang terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi tersebut tidak memiliki tangga dan relief, hanya berupa stupa utuh yang menjulang ke atas. 

Makna dari bentuknya yang sedemikian rupa yaitu pencapaian menuju nirwana. Dalam prasasti Negarakertagama disebutkan bahwa Candi Sumberawan diidentifikasikan sebagai Kasurangganan atau Taman Surga Nimfa dan telah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pada tahun 1359. 

Candi Sumberawan pertama kali ditemukan pada tahun 1904. Pada tahun 1937 dilakukan pemugaran oleh pemerintahan Hindia Belanda pada bagian kaki candi. Ini merupakan satu-satunya candi yang berbentuk stupa di Jawa Timur.

Candi Sumberawan tidak memiliki tangga naik ruangan yang biasanya digunakan untuk menyimpan benda suci. Jadi, hanya bentuk luarnya saja yang berupa stupa, tetapi fungsinya tidak seperti lazimnya stupa yang sesungguhnya. Diperkirakan candi ini dahulu memang didirikan untuk tujuan pemujaan.

Candi Jawar Ombo (http://www.photomalang.com)

Terakhir,  Candi Jawar Ombo terletak di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini unik karena terdapat empat umpak (tiang penyangga, red) batu yang memiliki lubang di bagian tengah pada lantai candi.

Bentuk kaki candi tersebut berupa pelipit setengah lingkaran dan segi empat. Keempat sisi batu dihiasi relief-relief yang menggambarkan teratai dan tapak dara.

Editor : Heryanto
Publisher : Aditya Fachril Bayu
  • Arema Buru Kemenangan, Borneo Waspadai Pemain Muda

    Sangat mepet masa recovery kontestan Piala Gubernur Kaltim 2018, termasuk Arema FC. Baru kalah adu penalti melawan PSIS Semarang Jumat (23/2), Arema kembali menghadapi laga kedua menghadapi Borneo FC petang nanti. Jadwal yang sangat singkat itu membuat pe

  • Arema Lawan Borneo, Balsa Bozovic In Action

    Momen untuk melihat penampilan Balsa Bozovic telah tiba. Laga kedua Piala Gubernur Kaltim 2018 melawan Borneo FC di Stadion Palaran, Samarinda, petang nanti bakal menjadi ajang perdana bagi playmaker asal Montenegro itu untuk unjuk kebolehan di Arema FC.

  • Balsa Bozovic On The Way Gabung Arema FC di Samarinda

    Setelah memisahkan sementara Gustavo Lopez dari skuat Arema FC. Ruddy Widodo menghubungi agen Balsa Bozovic untuk segera ke Samarinda. Hal tersebut untuk menjajal kemampuan sang pemain didepan tim pelatih.

  • Pemkot Batu Bentuk Pengawas Khusus, Siapkan Sanksi untuk Warga yang Buang Sampah Sembarangan

    Pemkot Batu bakal mencanangkan cara yang lebih efektif dan optimal agar Kota Batu bebas dari sampah.

  • Arema FC Istirahatkan Sementara Gustavo Lopez

    Pemain asing yang menjalani trial di Arema FC, Gustavo Fabian Lopez harus meninggalkan Samarinda lebih awal karena manajemen menginstruksikan kepada sang pemain agar terpisah terlebih dahulu dari tim.

  • Target Tuntas 2019, Separo dari Jumlah Nelayan di Kabupaten Malang Belum Tercover Asuransi

    Keinginan Pemkab Malang memberikan asuransi kepada para nelayan tampaknya belum banyak mendapat respons positif para nelayan setempat.

  • Baru Masuk Pertandingan Perdana, Pelatih Arema FC Khawatirkan Hal ini

    Setelah kalah melawan PSIS Semarang pada laga perdana Piala Gubernur Kaltim 2018, Pelatih Arema FC Joko Susilo tetap mengkhawatirkan skuatnya untuk menjalani pertandingan berikutnya. Pasalnya, di lini pertahanan Arema FC terlihat begitu rapuh.

  • Positif, Dua Warga Kota Batu Diserang Difteri

    Hingga akhir bulan ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menemukan 4 kasus warga terjangkit difteri di Kota Batu. Dari total yang terjangki, dua di antaranya dinyatakan positif terserang difteri berasal dari Kecamatan Batu dan Junrejo. Dan 2 lainnya susp

  • Masalah Kredit Perbankan Masih Dominasi Pengaduan Keuangan pada OJK Malang

    Masalah kredit perbankan masih menjadi masalah yang banyak diajukan masyarakat pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang. Bahkan pada awal 2018 ini, setidaknya ada 10 aduan masuk yang terkait agunan kredit maupun kartu kredit dan klaim yang tidak sesuai.

  • Paslon Menawan Ingin Tuntaskan Masalah Banjir

    Kota Malang dalam beberapa hari ini memang memliki curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Hal tersebut membuat sebagian daerah terkena dampak banjir, namun faktor penyebab meluapnya air ke permukaan ini salah satunya adalah saluran air atau gorong-g

  • Pemkot Malang Terus Geber Program Sertifikasi Kelayakan Gedung

    Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sertifikat laik fungsi (SLF) pada setiap bangunan. Terlebih adanya SLF bertujuan supaya st

  • Hanya Tiga Kampung Biru di Dunia, Salah Satunya Ada di Malang

    Sebut saja permukiman padat penduduk yang setiap bagiannya di cat dengan menggunakan warna biru. Nah, rupanya di dunia ada beberapa kampung semacam ini. Bahkan di Indonesia juga ada dan menjadi ikon baru di Kota tempat kampung tersebut dibuat. Nah, ini di

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top