Generasi Kekinian, Ini Lhoo Tiga Prioritas Sektor Ekonomi Kreatif Kota Malang

Kasubid Ekonomi dan Keuangan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Wilstar Sinaga. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)
Kasubid Ekonomi dan Keuangan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Wilstar Sinaga. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ekonomi kreatif nantinya akan menjadi pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Nah, ini peluang buat kamu, generasi kekinian. Kalau masih bingung ingin berkarya di bidang apa, simak bocoran sektor ekonomi kreatif yang jadi prioritas Kota Malang berikut ini. 

1. Game dan Aplikasi 

Banyaknya perguruan tinggi menjadi salah satu modal buat pengembangan keilmuan soal game dan aplikasi. Bahkan berbagai aplikasi karya Arek Malang sudah mendunia. Beberapa di antaranya, Quranesia, aplikasi religi karya Didat Triadi yang telah diunduh sekitar 70.000 pengguna gadget di 72 negara.

Juga layanan ojek online karya mahasiswa Malang seperti Ojek Baper dan aplikasi AYOjek. Sakdino (Sistem Pelayanan Administrasi Pendudukan Dinoyo) yang merupakan layanan administrasi kependudukan berbasis android hasil karya arek Dinoyo Kota Malang. Bahkan, jejaring media sosial bernama Pang! yang merupakan aplikasi buatan arek asli Malang.

2. Kuliner 

Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Malang makin jadi jujukan kuliner wisatawan. Mulai dari resto, kafe, kuliner, hingga jajanan menjamur. Tak sedikit yang digagas anak muda. Pengunjung pun tinggal memilih sesuai selera, mulai kuliner yang terinspirasi cita rasa daerah, hingga berbagai varian kuliner pedas yang nampol. 

3. Film, Video dan Animasi 

Karya-karya film pendek dan animasi karya arek Malang sudah dapat pengakuan nasional hingga internasional. Sebut saja beberapa film pendek karya sineas lokal Malang seperti Jumprit Singit, Tinuk, Ko(p)ler, dan Kibaran Satu Jiwa. Film Tinuk sendiri merupakan karya sutradara Aprilingga Rahmat Dani yang baru memenangkan Lomba Film Pendek Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juga ada film Darah Biru Arema, Darah Biru Arema 2, Roh Garuda, dan lain-lain.

Ilustrator-ilustrator dari Malang pun juga dapat pengakuan internasional, misalnya karya-karya Admiranto Wijayadi yang mampu menembus rumah produksi kelas atas di Amerika macam DC Comic dan Marvel. Atau Wahyu Aditya, pendiri sekolah animasi bernama Hello;Motion Academy yang telah menyabet berbagai kejuaraan. 

Kasubid Ekonomi dan Keuangan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Wilstar Sinaga mengungkapkan, Tim Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Malang telah mengidentifikasi Sub Sektor Prioritas yang ada di Kota Malang.

"Hasil identifikasi yang dilakukan, terdapat tiga sub sektor yang menjadi prioritas di Kota Malang yaitu Game dan Aplikasi, Kuliner, serta Film, Video dan Animasi," ujar Willy, sapaan akrabnya. 

Dia menjabarkan, Komite Ekonomi Kreatif menekankan perlunya melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam, mengandalkan pertanian, mengandalkan industri, mengandalkan teknologi informasi, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif.

"Yang menjadi prioritas ini, nantinya akan dibina, diberi wadah, dan juga diberi ruang untuk berkembang," jelasnya. 

"Meski demikian, bukan berarti subsektor lain tidak dikembangkan," tambahnya. Selain tiga subsektor itu, ada 13 subsektor ekonomi kreatif lain. Di antaranya arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, fotografi, kriya (kerajinan tangan), musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

"Semangat yang didengungkan oleh Pemerintah Kota Malang, bahwa potensi ekonomi kreatif harus dikembangkan," pungkasnya. 

Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
  • Arema Buru Kemenangan, Borneo Waspadai Pemain Muda

    Sangat mepet masa recovery kontestan Piala Gubernur Kaltim 2018, termasuk Arema FC. Baru kalah adu penalti melawan PSIS Semarang Jumat (23/2), Arema kembali menghadapi laga kedua menghadapi Borneo FC petang nanti. Jadwal yang sangat singkat itu membuat pe

  • Arema Lawan Borneo, Balsa Bozovic In Action

    Momen untuk melihat penampilan Balsa Bozovic telah tiba. Laga kedua Piala Gubernur Kaltim 2018 melawan Borneo FC di Stadion Palaran, Samarinda, petang nanti bakal menjadi ajang perdana bagi playmaker asal Montenegro itu untuk unjuk kebolehan di Arema FC.

  • Balsa Bozovic On The Way Gabung Arema FC di Samarinda

    Setelah memisahkan sementara Gustavo Lopez dari skuat Arema FC. Ruddy Widodo menghubungi agen Balsa Bozovic untuk segera ke Samarinda. Hal tersebut untuk menjajal kemampuan sang pemain didepan tim pelatih.

  • Pemkot Batu Bentuk Pengawas Khusus, Siapkan Sanksi untuk Warga yang Buang Sampah Sembarangan

    Pemkot Batu bakal mencanangkan cara yang lebih efektif dan optimal agar Kota Batu bebas dari sampah.

  • Arema FC Istirahatkan Sementara Gustavo Lopez

    Pemain asing yang menjalani trial di Arema FC, Gustavo Fabian Lopez harus meninggalkan Samarinda lebih awal karena manajemen menginstruksikan kepada sang pemain agar terpisah terlebih dahulu dari tim.

  • Target Tuntas 2019, Separo dari Jumlah Nelayan di Kabupaten Malang Belum Tercover Asuransi

    Keinginan Pemkab Malang memberikan asuransi kepada para nelayan tampaknya belum banyak mendapat respons positif para nelayan setempat.

  • Baru Masuk Pertandingan Perdana, Pelatih Arema FC Khawatirkan Hal ini

    Setelah kalah melawan PSIS Semarang pada laga perdana Piala Gubernur Kaltim 2018, Pelatih Arema FC Joko Susilo tetap mengkhawatirkan skuatnya untuk menjalani pertandingan berikutnya. Pasalnya, di lini pertahanan Arema FC terlihat begitu rapuh.

  • Positif, Dua Warga Kota Batu Diserang Difteri

    Hingga akhir bulan ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menemukan 4 kasus warga terjangkit difteri di Kota Batu. Dari total yang terjangki, dua di antaranya dinyatakan positif terserang difteri berasal dari Kecamatan Batu dan Junrejo. Dan 2 lainnya susp

  • Masalah Kredit Perbankan Masih Dominasi Pengaduan Keuangan pada OJK Malang

    Masalah kredit perbankan masih menjadi masalah yang banyak diajukan masyarakat pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang. Bahkan pada awal 2018 ini, setidaknya ada 10 aduan masuk yang terkait agunan kredit maupun kartu kredit dan klaim yang tidak sesuai.

  • Paslon Menawan Ingin Tuntaskan Masalah Banjir

    Kota Malang dalam beberapa hari ini memang memliki curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Hal tersebut membuat sebagian daerah terkena dampak banjir, namun faktor penyebab meluapnya air ke permukaan ini salah satunya adalah saluran air atau gorong-g

  • Pemkot Malang Terus Geber Program Sertifikasi Kelayakan Gedung

    Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sertifikat laik fungsi (SLF) pada setiap bangunan. Terlebih adanya SLF bertujuan supaya st

  • Hanya Tiga Kampung Biru di Dunia, Salah Satunya Ada di Malang

    Sebut saja permukiman padat penduduk yang setiap bagiannya di cat dengan menggunakan warna biru. Nah, rupanya di dunia ada beberapa kampung semacam ini. Bahkan di Indonesia juga ada dan menjadi ikon baru di Kota tempat kampung tersebut dibuat. Nah, ini di

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top