Pemkab Malang Bentuk Sekolah Ramah Anak, Bagaimana Konsep Kurikulumnya?

Ilustrasi Sekolah Ramah Anak. (Foto : Google Image)
Ilustrasi Sekolah Ramah Anak. (Foto : Google Image)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang tak henti-hentinya melakukan terobosan untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak terutama di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan membentuk Sekolah Ramah Anak mulai tingkat SD hingga SMP.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang, Pantjaningsih Sri Redjeki mengatakan pembentukan Sekolah Ramah Anak ini bertujuan menunjang program program Kabupaten Layak Anak yang sudah ditetapkan Pemkab Malang.

"Kami membentuk Sekolah Ramah Anak di setiap sekolah di wilayah Kabupaten Malang dengan memberikan penguatan pemahaman kepada lembaga sekolah yaitu kepala sekolah agar diterapkan di lembaganya masing-masing," kata perempuan yang akrab disapa Pantja ini kepada MalangTIMES.

Pantja menerangkan Sekolah Ramah Anak memiliki beberapa indikator di antaranya penguatan pada komitmen sekolah dengan membuat kurikulum anti kekerasan di sekolahnya serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung yang dibutuhkan.

"Apabila indikator ini diterapkan di sekolah dengan baik, maka sekolah akan terhindar dari kasus pelecehan dan kekerasan terhadap anak," jelasnya.

Bila masing-masing sekolah sudah menerapkan sistem seperti itu maka anak akan bisa mengenyam pendidikan dengan baik dan aman.

"Karena kebijakan sekolah ramah anak ini sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak," paparnya.

Ada beberapa pasal di situ yang mengatur tentang Kabupaten/Kota Layak Anak dan perlindungan anak. Pemerintahan wajib melaksanakan ketentuan-ketentuan yang ada di undang-undang tersebut.

"Setiap anak berhak mendapat kepastian dan keamanan untuk tumbuh dan berkembang serta terhindar dari kekerasan dan diskriminasi," ujarnya.

Untuk menyukseskan kebijakan sekolah ramah anak, DP2A sudah melaksanakan sosialisasi, pembinaan dan pemahaman ke intansi-instansi pendidikan mulai tingkat SD dan SMP di wilayah Kabupaten Malang.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top