Bisnis Kreatif Lima Mahasiswa Asal Malang Ini Ternyata Manfaatkan Barang Bekas

Poster frame produksi lima mahasiswa Universitas Brawijaya dengan menggunakan bahan baku kayu bekas (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Poster frame produksi lima mahasiswa Universitas Brawijaya dengan menggunakan bahan baku kayu bekas (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tidak mau buang-buang waktu di masa muda, lima orang mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mulai merintis bisnis.

Tertarik di bidang seni dan desain, kelimanya membuat usaha produksi poster frame. Menariknya, bahan baku ialah kayu bekas lemari. Seperti apa proses kreatif kelima anak muda itu? 

Lima anak muda itu ialah Rizky Adhitya, Naufal Muzakki, Taufan Deddy Utama Amanu, Ezi Zulkarnaen, dan David Prambudi Adji Sugiharto. Menimba ilmu beda jurusan, mereka ternyata punya satu kesamaan. Sama-sama menyukai seni dan desain. Alhasil dari obrolan sederhana di sela-sela jam kuliah, aktivitas nongkrong mereka berbuah sebuah usaha dengan nama Troism.

Produk poster frame yang mereka buat terinspirasi karakter film legendaris seperti Star Wars. "Kami ingin anak muda enggak lagi berpatokan pada merchandise produksi luar negeri. Di negeri sendiri kita bisa kok membuat produk sejenis yang enggak kalah kualitasnya," jelas Rizky mewakili keempat rekannya saat ditemui media online MalangTIMES. 

Bingkai poster kreasi mereka dibuat dari kayu bekas lemari pakaian. Mereka ambil bahan baku tersebut dari pengrajin di daerah Kota Batu. "Kita berusaha manfaatkan barang bekas yang bisa layak kita pakai dan daur ulang," imbuh mahasiswa jurusan Sosiologi ini. 

Pasar bisnis mereka dipasarkan melalui media sosial Instagram. Selain itu marketplace mereka juga menyasar e-commerce lain seperti Buka Lapak. Untuk konsumen mereka mengaku masih sebatas wilayah Indonesia saja. Paling banyak berasal dari wilayah DKI Jakarta dan Pulau Kalimatan. "Kalau luar negeri belum kita masih pasar nasional saja," imbuh dia. 

Untuk ukuran bingkai, Rizky menjelaskan bahwa ada dua pilihan. Yakni ukuran 30 cm x 40 cm dan 60 cmx 40 cm. "Kalau harga kita mulai Rp 55.000 sampai di bawah Rp 100.000 kok," papar Rizky. 

Selain produksi poster frame, kelima mahasiswa Universitas Brawijaya itu juga mendesain aneka merchandise lain seperti kaus, stiker, patch, dan mug. (*)

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top