Ahli Gizi di Inggris Bilang Tempe Malang Terbaik, Ini Faktanya

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES- Siapa tidak kenal kuliner tempe? Kuliner khas Indonesia berbahan baku kedelai ini sangat mudah ditemui. Akun instagram @indo.psikologi menyebutkan tempe begitu menyehatkan dan terkenal di Inggris. Di negara ini menurut para ahli tempe yang paling baik dan menyehatkan adalah tempe asal Malang. Ada banyak fakta soal Tempe Malang yang bikin mata terbelalak. Ini dia !

1. Tempe terbaik Malang diproduksi kawasan Sanan, Kelurahan Purwantoro, Malang. Hampir seluruh warganya berprofesi sebagai pembuat tempe di sini. Banyak toko-toko yang menjual tempe mentah maupun tempe olahan di kawasan ini. Hingga kampung ini dijuluki sebagai kampung tempe. Bisa dibilang kampung Sanan merupakan produsen tempe terbesar di Indonesia.

2. Tidak ada sejarah yang mencatat sejak kapan warga kampung Sanan mulai bekerja sebagai pengolah dan pembuat tempe. Namun, warga setempat pengrajin tempe di kawasan ini sudah ada sejak jaman kolonial.

3. Ada satu toko tempe di Sanan yang pernah dikunjungi mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Toko tersebut adalah toko milik Nurdjannah. Pada tahun 2009 lalu presiden SBY sempat berkunjung ke sana.

4. Tempe Sanan ini juga diolah sebagai kripik tempe yang kerap dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Jika satu meter tempe mentah hanya mendapat laba Rp 5 ribu berbeda dengan olahan kripik tempe, dalam satu meter tempe mereka bisa mendapat laba Rp 20 ribu.

5. Dalam membuat tempe, ada 7 tahapan proses yang harus dilalui, yakni setelah bahan baku kedelai direbus dan digiling, kedelai itu dilembang atau proses pemisahan kulit. Lalu, direndam satu hari. Kemudian pagi harinya dibilas, baru sore harinya diberi ragi. Proses ragi atau pemadatan ini adalah tahap akhir.

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top