Inilah Wisata Bernuansa Mistis, Ternyata Salah Satunya Ada di Malang

Inilah wisata yang memiliki nuansa mistis di Indonesia dan ternyata salah satunya ada di Malang.
Inilah wisata yang memiliki nuansa mistis di Indonesia dan ternyata salah satunya ada di Malang.

MALANGTIMES - Sebagian besar masyarakat berwisata untuk menghilangkan penat usai melakukam rutinitas kerja. Tempat wisata yang akan dikunjungi, pastinya masyarakat sudah membayangkan bagaimana keseruan dan mengasyikkan melihat keindahan alam, pantai dan pegunungan.

Namun ada yang unik dari tempat wisata yang tidak boleh dikunjungi wisatawan di Indonesia yang berbau mistis, horor dan serem. Ternyata keberadaan salah satu tempat wisata itu ada di Malang.

Tapi, ada juga wisatawan yang nekat bernyali besar dan suka tantangan menikmati tempat wisata yang bernuansa horor itu.

Pertama, Goa Jepang yang ada di Kota Bandung dibangun tahun 1942 pada masa penjajahan Jepang. Goa yang berdekatan dengan Goa Belanda di area Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda ini, memiliki nuansa mistis yang setiap penunjung dibuat bulu kuduknya merinding. 

Konon, pembangunan Goa Jepang menelan korban yang cukup banyak, serta dijadikan sebagai tempat penyiksaan bagi kaum pribumi. Karena itu masyarakat meyakini banyak penampakan sosok atau suara jeritan tak jelas sering menghiasi Goa Jepang itu.

Kedua, Lawang Sewu di Semarang. Wisata dengan bangunan kuno aristek Belanda ini memiliki karakteristik bangunan banyak lubang pintu sekitar 429 buah pintu dengan daun pintu yang jumlahnya lebih dari 1.200. 

Keberadaan bangunan Lawang Sewu ini menyimpan nuansa mistis yang kental. Di situ terdapat penjara bawah tanah. Penjara inilah yang pernah digunakan sebagai tempat eksekusi mati yang dilakukan oleh para serdadu Belanda. Mayat-mayatnya pun sering dibuang begitu saja ke sungai kecil yang ada di samping bangunan tersebut.

Karena itu, tidak heran kalau tempat ini nuansanya mistis dan kerap terjadi penampakan. Terutama, di area penjara bawah tanahnya, bahkan di lorong-lorong goa.

Ketiga, Alas Purwo di Banyuwangi ini memili hutan yang rimba yang bernuansa mistis. Menurut masyarakat sekitar kerab ada penampakan makhluk tak kasat mata dari Taman Nasional Alas Purwo itu.

Keberadaan Alas Purwo yang dikatakan masih suci alias belum terjamah tangan jahil manusia ini pun adalah rumah bagi aneka satwa.

Sudah banyak pula yang menebarkan cerita pengalamannya bersama dengan aneka penampakan makhluk misterius di area Alas Purwo Banyuwangi itu.

Keempat, Pantai Selatan Pulau Jawa yang terletak di Malang Selatan Kabupaten Malang juga menyimpan nuansa mistis. Memang Pantai Malang Selatan memiliki keindahan pantai yang berbeda dengan pantai di daerah lainnya, karena alamnya yang masih sejuk.

Mistisnya, wisatawan harus berhati-hatila kalau menikmati indahnya wisata alam pantai di situ. Ombak di pantai selatan terkenal sangat ganas.

Tapi, masyarakat sekitar meyakini bahwa di Pantai Selatan ini konon ada penguasa alam gaib Laut Selatan yang dikenal sebagai Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul.

Ratu Roro Kidul yang dikatakan berwajah sangat cantik inilah yang menyimpan cerita mistis.

Konon cerita wisatawan tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau dan merah di sekitaran Pantai Selatan itu. 

Sebab pakaian berwarna hijau adalah favorit Sang Ratu, jadi mereka pun akan diajak mengikuti Ratu Roro Kidul di dasar laut. Sedangkan pakaian warna merah, mereka akan ditenggelamkan karena Roro Kidul tidak menyukai warna merah. Mereka pun akan dibawa jauh ke dalam istananya.

Itulah deretan wisata yang menyimpan sejarah dan cerita yang mistis di Indonesia dan juga ditemukan di Malang.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top