Bila Ibu-ibu di Malang Buat Pudding Berhias Bunga

Pemilik AK Home Pudding Art saat memberikan pengarahan pembuatan kreasi pudding art. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Pemilik AK Home Pudding Art saat memberikan pengarahan pembuatan kreasi pudding art. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada pemandangan menarik di gedung serbaguna kawasan Bundaran Tugu Kota Malang pada Minggu (26/11/2017).

Tiga orang ibu-ibu asyik berkutat dengan aneka bahan dapur. Ketiganya tengah asyik membuat kreasi pudding. Bukan pudding biasa karena  mereka membuat kreasi bunga di atas sajian pudding tersebut.

Salah seorang di antara ibu-ibu itu ternyata lama menekuni kreasi pudding. Istilah untuk kreasi pudding cantik ini ialah pudding art.

Ia adalah Nia Rahayu. Wanita asal Surabaya ini sejak beberapa tahun silam membuka usaha homemade aneka pesanan pudding cantik.

Nia menjelaskan, untuk pesanan pudding art, kini dia tak banyak menerima. ''Sekarang saya lebih banyak mengajarkan ilmu kreasi pudding art saja. Untuk kelas, saya buka rutin di Jalan Papa Putih,'' tuturnya kepada MalangTIMES, Minggu (26/11/2017).

Membuat pudding dengan aneka hiasan di atasnya, kata Nia, memang susah-susah gampang. Untuk tahap dasar atau kelas basic, Nia memberikan tips mudah.

''Kalau di kelas awal ini, biasanya saya pakai pudding sachet yang sudah jadi. Untuk bisa buat pudding art, kita butuh canvas,'' jelas wanita berambut panjang ini. 

Canvas pudding art sejenis adonan jelly. Adonan ini sebagai bahan dasar dalam membuat kreasi bunga yang ada di atas pudding.

''Untuk bisa buat bunga di atas pudding, nanti kita pakai canvas ini. Untuk alatnya, kita bisa pakai manual atau menggunakan jarum suntik,'' imbuh dia. 

Untuk alat manual, Nia menyediakan aneka alat pembentuk daun dan tankai bunga. ''Kalau langsung pakai jarum suntik, agak susah ya mungkin, tapi tergantung ada juga yang digabungkan keduanya,' kata wanita yang mulai buka kelas pudding art sejak tahun 2013 ini. 

Untuk membuat pudding art, caranya cukup mudah. Usai membuat kreasi bunga, adonan pudding dipanaskan hingga mendidih. ''Tergantung seberapa banyak puddingnya. Cukup dipanaskan sampai mendidih lalu tuangkan ke atas kreasi tadi,'' terang dia. 

Topping pudding ini bisa dipadukan dengan aneka rasa dan bisa juga pemilihan rasa, bergantung dari warna yang dominan. ''Misalnya ini ada warna hijau, kuning, dan merah muda nah nanti disesuaikan saja untuk rasa puddingnya,'' imbuh Nia. 

Untuk kelas pudding kali ini, diameter pudding tidak terlalu besar sehingga untuk kisaran harga pudding art yang ditawarkan biasa dibanderol sebesar Rp 15.000. ''Kalau ukuran ini kan nggak terlalu besar ya. Jadi biasanya sekitar di bawah Rp 20.000 untuk harga puddng art yang ukuran ini,'' tukasnya. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top