Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Diguyur Hujan Pagi-Sore, Plengsengan Setinggi 7 Meter di Bunulrejo Ambrol

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

26 - Nov - 2017, 13:40

Kandang milik warga yang terdampak longsor, dimana mengalami keretakan tanah yang rawan ambrol (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kandang milik warga yang terdampak longsor, dimana mengalami keretakan tanah yang rawan ambrol (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMESCurah hujan yang semakin hari semakin tinggi di Kota Malang lagi-lagi membuat plengsengan ambrol. Kali ini terjadi di kawasan Jalan Hamid Rusdi Timur Gg.VI RT.02 / RW.16, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Sabtu (26/11/2017).

Hujan yang menguyur di kawasan tersebut selama beberapa jam membuat plengsengan sepanjang 8 meter dengan tinggi 7 meter longsor akibat tak kuat menahan beban.

Baca Juga : 6 Gunung Erupsi Bersamaan, Mulai di Tanah Jawa, Maluku, hingga Sumatera

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) J Hartono mengungkapkan beruntung dalam longsor tersebut yang notabene berdekatan dengan pemukiman warga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Penyebabnya masih karena curah hujan yang tinggi, siang sampai sore hari," paparnya.

Selain merusak plengsengan, lanjutnya, longsor tersebut juga berdampak pada kandang ayam dan tempat parkir yang saat ini mengkhawatirkan. Sebab, terdapat retakan tanah di atas plengsengan sepanjang kurang lebih 8 meter. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 meter dari plengsengan.

"Kalau jarak retakan tanah dengan rumah salah seorang warga yakni Sutikno sekitar kurang lebih 3 meter," jelasnya. Sementara itu, kerugian yang diderita masih dihitung.

Baca Juga : Viral, Longsor Sukanagara Cianjur Nyaris Telan Korban Seorang Pengendara Motor

"Saat ini kami sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat dan Tim Kaji Cepat untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak," paparnya.

Karena dianggap membahayakan, BPBD memasang baricade line agar warga sekitar tidak mendekat ke lokasi.


Topik

Peristiwa curah-hujan-tinggi-malang Plengsengan-bunulrejo-ambrol Badan-Penanggulangan-Bencana-Daerah BPBD J-Hartono


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto