Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Mengejar Juara Lomba Taman, Kelurahan Tlogomas Utamakan Semangat Percantik Lingkungan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Lazuardi Firdaus

24 - Nov - 2017, 15:13

Lurah Tlogomas, Aryadi Wardoyo (empat dari kiri) saat berfoto bersama tim juri Lomba Taman dan warga (Hendra Saputra/MALANGTIMES)
Lurah Tlogomas, Aryadi Wardoyo (empat dari kiri) saat berfoto bersama tim juri Lomba Taman dan warga (Hendra Saputra/MALANGTIMES)

MALANGTIMES- Mengikuti Lomba Penataan Taman Lingkungan yang diadakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang Bidang Pertamanan, Kelurahan Tlogomas yang mendaftarkan dua tamannya tak menggebu ingin mendapatkan juara. 

Meski tak menggebu mengejar kemenangan, diakui oleh Lurah Tlogomas, Aryadi Wardoyo, Lomba Penataan Taman Lingkungan yang digelar oleh Disperkim Kota Malang ini membawa dampak positif bagi warga. 

Baca Juga : Peduli Warga Daerah Pinggiran Terdampak Covid-19, MHI Kota Malang Salurkan Bantuan

Ia cukup terkesan dengan perubahan sikap warganya yang semakin kompak dalam memperhatikan lingkungan, khususnya taman.

Aryadi menekankan kepada warganya agar tidak memburu kemenangan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi cara berfikir masyarakat untuk memanfaatkan lomba sebagai ajang mencari kepentingan sesaat.

"Taman ini dari masyarakat untuk masyarakat. Sebenarnya walaupun tidak ada lomba, masyarakat Tlogomas ini sudah aktif merawat taman, kalaupun ada lomba seperti sekarang, masyarakat malah tergerak untuk mempercantik," ujar Aryadi Wardoyo.

"Kami ikut lomba ini tidak memburu kemenangan, kami hanya ingin lebih baik dari sebelumnya tidak ada lomba. Jika nantinya menang, itu kami anggap sebagai bonus dari jerih payah kami," imbuhnya di sela kunjungan tim juri lomba, Jumat (24/11/2017).

Kelurahan Tlogomas mendaftarkan Taman Lingkungan RT 01 RW 03 dan Taman Lingkungan RT 01 RW 07. Saat MalangTIMES mengikuti tim juri melakukan penilaian, terlihat keseriusan masyarakat merawat taman. Mulai dari kebersihannya hingga penataan tanaman.

Hal tersebut juga terjadi di lingkungan lain di Kota Malang yang mengikuti Lomba Penataan Taman Lingkungan. Masyarakat semakin rajin dan peduli terhadap lingkungannya, terlebih merawat taman yang berada di kawasannya.

Baca Juga : Bergerak Mandiri, Baitul Mal Ahad Pon Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

"Saya menyambut baik apa yang dilakukan Disperkim dalam hal perlombaan penataan taman lingkungan ini. Ada lomba atau tidak itu pasti ada bedanya," katanya.

Terakhir, Aryadi Wardoyo berharap kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Tlogomas dan umumnya di Kota Malang agar lebih memperhatikan lingkungannya, khususnya taman yang belum terawat.

"Harapan saya kepada warga yaitu jangan hanya ada lomba semuanya aktif memperindah taman. Tidak ada lomba ya seyogianya harus memperhatikan lingkungannya, khususnya taman ini, biar bisa dibuat rileksasi yang murah lah untuk masyarakat daripada jauh-jauh," urai lurah yang terlihat sangat dekat dengan warga ini.


Topik

Peristiwa Kelurahan-Tlogomas Semangat-Percantik-Lingkungan Dinas-Perumahan-dan-Kawasan-Permukiman Disperkim-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Lazuardi Firdaus