Dinas Perikanan Kabupaten Malang Konservasi Cemara di 12 Lokasi Pantai

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati (kanan) ketika meninjau penanaman cemara udang di pantai Malang Selatan. (foto: Dinas Perikanan Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati (kanan) ketika meninjau penanaman cemara udang di pantai Malang Selatan. (foto: Dinas Perikanan Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Untuk mendukung konservasi lingkungan pantai di wilayah Malang Selatan, Dinas Perikanan Kabupaten Malang melaksanakan program rehabilitasi mangrove dengan menanam pohon cemara udang di 12 lokasi pesisir pantai Malang Selatan seluas 50,98 hektare.

"Tahun ini kami sudah melaksanakan rehabilitasi tanam pohon cemara udang di 12 lokasi pantai seluas 50,98 hektare di sepanjang Jalur Lintas Selatan Kabupaten Malang," ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati kepada MalangTIMES, Selasa (14/11/2017).

Perempuan yang akrab disapa Atik ini menerangkan sebaran 12 lokasi pantai yang sudah ditanami pohon cemara udang menggunakan sistem konservasi asosiasi yang ditanam di daratan pantai tahun 2017 ini diantaranya Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur seluas 3,96 hektare, Pantai Ngudel, Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan seluas 11,25 hektare, Pantai Parangdowo Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan seluas 2,30 hektar dan Pantai Jolangkung, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan seluas 4,22 hektare.

Lalu, di Pantai Bajulmati Desa Sumberlele, Kecamatan Gedangan seluas 3,84 hektare, Pantai Ungapan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan seluas 3,51 hektare, Pantai Nganteb, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan seluas 3,25 hektare, dan Pantai Batubengkung, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan seluas 4,76 hektare.

Kemudian, Pantai Kondang Merak, Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur seluas 3,77 hektare, Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo seluas 3,62 hektare, Pantai Wediawu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo seluas 1,3 hektare, dan Pantai Sipelot, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo seluas 5,2 kilometer.

"Jadi total keseluruhan luasan area yang ditanami pohon cemara udang di pantai Malang Selatan Kabupaten Malang sekitar 50,98 hektare," terang Atik.

Disinggung teknis sistem penanaman konservasi asosiasi ini, menurutnya memakai siatem tanam dengan jarak 4 meter antara pohon cemara yang satu dengan lainnya.

"Jadi jarak 4 meter itu ada tujuannya, ketika pohonnya susah besar dan meninggi, jarak itu bisa ditempati untuk parkir kendaraan maupun tempat berteduh pengunjung pantai," terang perempuan berhijab itu.

Atik merinci bila luas lahan tanam pohon sekitar 2 hektare maka jumlah bibitnya bisa mencapai 1250 bibit pohon cemara udang. Sedangkan jika luas lahannya sekitar 50,98 hektare, bibit pohon tanamnya mencapai 31 ribu pohon.

"Konservasi pohon cemara udang yang dilakukan Dinas Perikanan wilayah tanamnya mulai Pantai Ungapang Hingga Pantai Kondangmerak atau di sepanjang pantai Jalur Lintas Selatan Kabupaten Malang," terangnya.

Disamping itu, Atik mengatakan bahwa tahun ini ada penambahan luasan lahan dan jumlah bibit tanam di Pantai Ngudel menjadi 11,25 hektare yang tahun sebelumnya hanya 2 hektare saja.

"Penambahan jumlah luasan dan bibit pohon cemara udang lantaran konservasi cemara di Pantai Ngudel hasilnya sudah bagus dan terlihat rindang, makanya tahun ini di sana ditambah lagi luasan tanamnya," pungkasnya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top