Dinas Perikanan Kabupaten Malang Getol Lindungi Vegetasi Pantai dengan Langkah Taktis Ini

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna secara simbolis menanam pohon cemara udang di Pantai Balekambang yang merupakan program dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Sabtu (11/11/2017). (foto : Dinas Perikanan Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna secara simbolis menanam pohon cemara udang di Pantai Balekambang yang merupakan program dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Sabtu (11/11/2017). (foto : Dinas Perikanan Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES Pemkab Malang melalui Dinas Perikanan sebagai leading sector tahun ini fokus mengurusi vegetasi pantai agar tetap terjaga dengan baik.

Salah satu langkah taktis yang dilakukan adalah dengan menanam pohon cemara udang di sepanjang Pantai Malang Selatan.

Upaya ini merupakan bagian dari program rehabilitasi mangrove di kawasan konservasi lingkungan yang terus digalakkan Pemkab Malang.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati menjelaskan ada dua jenis mangrove yang ditanaman dalam rangka rehabilitasi vegetasi pantai ini yaitu mangrove asosiasi dan sejati.

"Kami melakukan penanaman pohon cemara udang dengan kategori mangrove asosiasi yaitu sistem tanam pohon cemara yang dilakukan di daratan yang tidak tergenangi air laut. Kalau mangrove sejati itu sifat tanamnya tergenangi air laut, kami tidak melakukan sistem itu," kata perempuan yang akrab disapa Atik ini saat ditemui MalangTIMES di Jalan Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (14/11/2017).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati (kiri) didampingi Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring  (kanan) foto dengan bibit tanaman cemara udang untuk konservasi pantai pesisir Malang Selatan

Saat ini, Dinas Perikananan Kabupaten Malang sudah melakukan penanaman pohon cemara udang di beberapa titik Pantai Malang Selatan.

"Seperti saat launching Malang Beach Festival, Sabtu (11/11/2017) lalu secara simbolis Bupati Dr H Rendra Kresna menanam pohon cemara udang di Pantai Balekambang. Apresiasi Pak Bupati sangat tinggi dan mendukung program vegetasi pantai ini," ungkapnya.

Pohon cemara udang dipilih, lanjutnya, karena tanaman ini sangat bagus, tahan terhadap udara, air dan cuaca. 

Atik menerangkan penanaman pohon cemara udang yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Dinas Perikanan hasilnya terlihat di Pantai Ngudel.  

"Dua tahun lalu kami menanam pohon cemara udang seluas 2 hektare. Sekarang tingginya sudah 2 meter sehingga bibir pantai di situ terlihat rindang. Sangat bagus sekali pemandangannya sekarang," tegas Atik.

Program rehabilitasi mangrove atau vegetasi pantai di Kabupaten Malang 2017 ini bersinergi dengan program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top