Hindari Kesalahan Pencairan Anggaran, Dinas PU Kumpulkan Penyedia Barang dan Jasa

Sosialisasi proses pencairan anggaran DPUPR Kota Malang. (Muslimin/MalangTIMES)
Sosialisasi proses pencairan anggaran DPUPR Kota Malang. (Muslimin/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang menyosialisasikan aturan-aturan dan mekanisme bagaimana melakukan pencairan anggaran. Kegiatan ini digelar agar tidak ada kesalahpahaman dalam proses pencairan anggaran hingga berujung masalah di kemudian hari.

Soal aturan, memang harus ada sistem dan mekanisme yang harus dilalui sesuai ketetapan. Sehingga, dalam hal ini, dijelaskan bagaimana syarat-syarat tersebut harus ditempuh. Syarat itu bukan sebagai sesuatu yang mengandung unsur penghambat, namun memang sesuatu prosedur yang harus dilalui.

Sumardi Mulyono, sekretaris DPUPR Kota Malang, mengungkapkan, memang syarat tersebut afalah suatu standar. Dan sebagai aparat, harus tahu apa saja yang diperlukan untuk proses pencairan anggaran.

"Jika kita dari awal sudah memahami kewajibannya, maka tidak ada kendala yang dialami seperti kejadian sebelum-sebelumnya ada yang tidak bisa cair. Sehingga kalau sudah paham, bisa cair dan clear tanpa masalah," jelasnya

Dinas Pu sosialisasi proses pencairan anggaran

Dalam sosialisasi ini, DPUPR mengundang para penyedia barang dan jasa dari unsur dinas pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), bendahara penerima, bendahara pengeluaran, dan juga unsur yang terkait. 

"Pematerinya dari kabid anggaran dan perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD). Ada juga dari knspektorat karena pusat verifikasinya kan di BPKAD dan pemeriksaannya di Inspektorat," jelas dia. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top